Breaking News

Zunaidin : Informasi Kebutuhan Pokok‎, jangan disembunyikan!

Pejabat Dishubkominfo Kabupaten Bima. Ist

Bima, Berita11.com— Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Untuk itu, jangan sampai disembunyikan
Demikian diingatkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bima, Zunaidin, S.Sos.,M.M saat menyampaikan materi pada acara workshop Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Bagi Kepala Desa Se- Kabupaten Bima di aula rapat kantor Pemerintah Kabupaten Bima, Rabu, (7/09/2016).
Dihadapan 191 kepala desa, Zunaidin menjelaskan bahwa memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
Nah, Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.
"Karena itu, nggak boleh kita menyembunyikan informasi.  Nggak boleh juga sembarang  kita berikan. Ada aturan main dan syarat yang harus dipenuhi,” jelas Zunaidin yang didampingi Kasubag Program dan Pelaporan Dishubkominfo Kabupaten Bima, Arief Rachman. 
Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. 
Dishubkominfo sudah membentuk 191 PPID Desa. PPID desa tersebut yang akan menyediakan akses informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi. Badan ini menjadi sangat fungsional di desa sebagai jembatan informasi antara masyarakat dan Pemerintah desa

“Kegiatan workshop kita hari ini adalah bagaimana menyiapkan pemerintah desa agar siap mengelola dan memberikan pelayanan informasi ‎yang baik untuk masyarakat,” kata Zunaidin. (SK)

No comments