Breaking News

348 Jamaah Haji Telah Tiba di Kabupaten Bima

Plt Kepala Kemnag Kabupaten Bima, H Syahrir. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Sebanyak 348 orang jamaah haji Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) telah tiba di Kabupaten Bima sejak Senin (10/10/2016) pagi.  

“Hari ini alhamdulillah jamaah tiba di Kabupaten Bima dengan jumlah 348 jamaah,” kata pelaksana tugas (PLT) Kepala Kantor Kemnag Kabupaten Bima, Drs H Syahrir M.Si kepada Berita11.com di kantor setempat, Senin (11/10/2016).

Syahrir menjelaskan kepulangan jamaah dijadwalkan dalam kelompok terbang (kloter) 6 yang diisi penuh oleh jamaah haji Kabupaten Bima. Sehari sebelumnya Kemnag Kabupaten Bima telah menerima kepulangan jamaah secara resmi melalui upaca penyerahan  di embarkasi Kota Mataram.

“Kemudian malamnya jam 10.00 Wita, jamaah kita start dari sana (Lombok) dengan menggunakan bus,” jelasnya.

Dikatakannya jamaah yang berasal dari wilayah timur Kabupaten Bima seperti, Kecamatan, Wera Ambalawi, Sape, Wawo dan Lambu diturunkan di kantor Kemnag. Sementara jamaah pada wilayah barat diturunkan di lokasi keberangkatan.

“Wilayah yang tidak melewati Kemnag kita turunkan sesuai lokasi keberangkatannya kemarin,” ujarnya.

Selain itu, ia menuturkan ada beberapa jamaah yang pulang menggunakan pesawat terbang. Namun Syahrir memastikan jamaah tersebut tiba bersamaan dengan jamaah yang telah pulang.

“Tiga sampai lima orang tadi kita lihat di bandara. Mereka juga sampai berbarengan,” katanya.

Syahrir menambahkan satu orang jamaah haji meninggal dunia dan tiga orang jamaah tidak dapat diberangkatkan karena alasan kesehatan. Meski demikian ia menjamin tahun depan tiga orang jamaah dapat melaksanakan ibadah haji setelah dipastikan tidak bermasalah.

“Kuato kita sebenarnya 352, satu meninggal, dua orang di Madapangga dan satu di Soromandi itu bisa berangkat tahun depan. Dengan catatan ada keterangan sembuh dari dokter,” ujarnya.

Kepulangan jamaah di kantor Kemnag disambut sukacita oleh keluarga. Akibat ramainya sambutan, beberapa saat arus kendaraan di jalan Garuda Nomor 3 Raba Kota Bima terlihat padat dan menghambat arus lalulintas. (ID)

No comments