Breaking News

45.644 Anak di Kabupaten Bima tanpa Legalitas

Ilustrasi


Bima, Berita11.com— Sebanyak 45.644 anak di Kabupaten Bima belum memiliki legalitas atau akte kelahiran. Itu berdasarkan data yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima akhir September 2016.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima, Drs Sirajuddin AP, MM menjelaskan  45.644 anak merupakan 26,5 persen dari 171.997  data anak usia 0-18 tahun  di Kabupaten Bima. 

“Target kami sekarang ini menuntaskan akte kelahiran anak tersebut. Dimana target awal tahun 2016, 74 persen dan ditargetkan tuntas tahun 2019 pada saat masa pemerintahan Jokowi-JK selesai,” ujar Sirajuddin kepada Berita11.com di Disdukcapil.


Baca Juga:


Menurut Sirajuddin masih banyaknya anak usia 0-18 tahun yang belum memiliki akte kelahiran berpengaruh terhadap akurasi data kependudukan. Persoalan tersebut disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat mengurus akte.

Persoalan masih banyaknya anak 0-18 tahun yang belum memiliki akte kelahiran menghambat proses perekaman data E-KTP. Karena dasar penerbitan kartu tanda penduduk elektronik berdasarkan data Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran.

Untuk mengantisipasi persamalahan tersebut, Disdukcapil telah membuat surat himbauan yang disampaikan kepada kepala desa, UPT Dinas Dikpora agar melanjutkan himbauan kepada seluruh sekolah. (US)

No comments