Breaking News

Aliran Sungai Menyempit, Tiga Kecamatan Terancam

Ilustrasi. Ist


Sumbawa, Berita11.com— Aliran sungai di tiga wilayah di Kabupaten Sumbawa meliputi Kecamatan Utan, Alas dan Kecamatan Sumbawa sudah menyempit sehingga imbasnya berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.

Kepala Seksi Operasi  Pemekaran dan Pelebaran Sungai, Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Pulau Sumbawa, Muhammad Saleh mengatakan penyempitan aliran air sungai tiga wilayah tersebut akibat banyaknya masyarakat sekitar tanggul sungai membagun pemukiman. Penyebab lainnya, karena marakknya aktivitas masyarakat yang menaman berbagai jenis sayuran di badan sungai sehingga menyulitkan aliran air.

“Akibatnya badan sungai tidak bisa menampung debit air yang datang pada saat musim penghujan, sehingga air sungai akan meluap kepemukiman warga,” ujar Muhammad kepada Berita11.com di Sumbawa, Rabu (26/10/2016).

Menurut Muhammad, penyebab lain potensi banjir dan longsor diperparah kurangnya kesadaran masyarakat menjaga keseimbangan lingkungan. Selamai ini, kasus perambahan hutan marak terjadi di Kabupaten Sumbawa.

Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, sebenarnya pemerintah sudah maksimal menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat. Hanya saja belum sepenuhnya dipatuhi oleh masyarakat.

“Sudah disampaikan agar sama-sama menjaga lingkungan. Tapi sulit juga membuat masyarakat agar paham tentang bahayanya,” ujar Muhammad. (SK)

No comments