Breaking News

Bantuan Saprodi untuk Petani di Bolo Mulai Disalurkan

Kepala UPTD Dispertapa dan Hortikultura Bolo, Ir Abdullah. Foto Ory Berita11.com



Bima, Berita11.com— Menjelang musim tanam Desember 2016, Unit Penyelenggara Teknis Dinas (UPTD) Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mulai menyalurkan bantuan Saprodi untuk petani.

Kepala UPTD Dispertapa dan Hortikultura Kecamatan Bolo, Ir Abdullah mengatakan, saprodi yang disalurkan merupakan bantuan bagi lahan baru hasil program cetak sawah baru seluas 112 hektar di Kecamatan Bolo.

“Saat ini sudah dilakukan penyaluran berbagai macam kebutuhan pertanian, tanah tegalan yang sudah dibentuk dan dibuat menjadi lahan persawahan, sehingga sudah bisa dilakukan penanaman,” ujar Abdulah kepada Berita11.com di Bolo, Selasa (11/10/2016).

Dijelaskannya, penyaluran bantuan saprodi merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan produksi pangan dalam mencapai swasembada pangan. Penyaluran dilaksanakan sesuai dengan Rencana Usaha Kelompok (RUK) meliputi beberapa desa yang masuk area pencetakan sawah baru seperti Desa Nggembe, Desa Rasabou, Desa Kara.

Abdullah menyebutkan sejumlah saprodi  yang disalurkan yakni pupuk urea, pupuk NPK, pupuk organik (POC). Sebelumnya, UPTD Dispertapa dan Hortikultura Kecamatan Bolo juga sudah menyalurkan 84.000 ton pupuk organik padat.

Menurut Abdullah, sesuai jadwal tanam musim hujan (MH) akan dilaksanakan serentak Desember 2016 mendatang. Namun melihat intensitas hujan yang mulai meningkat petani bisa saja mempercepat jadwal tanam.

“Semua tergantung pada cuacanya kalaupun hujan turun menerus saat ini petani bisa memulai menanam. Semuanya kita kembalikan kepada petaninya kapan mereka mau memulainya,” ujarnya. (SK)


No comments