Breaking News

Bupati Sumbawa Tutup Fesmo 2016

Para Pemenang Festival Moyo Foto Bersama. Foto Humas Pro Sumbawa


Sumbawa, Berita11.com— Setelah berlangsung sekitar 24 hari sejak dibuka pada 23 September 2016, akhirnya pelaksanaan Festival Moyo tahun 2016 resmi ditutup oleh Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril BS.c pada Minggu (16/10/2016) di Desa Tenga, Kecamatan Utan, yang dalam kesempatan yang sama juga menutup kegiatan barapan kebo, yang merupakan event terakhir dalam rangkaian Festival Moyo 2016.

Ketua Umum Festival Moyo 2016 Drs. H. Rasyidi dalam laporannya menyampaikan, semua rangkaian kegiatan yang digelar pada pelaksanaan Festival Moyo tahun ini berjalan dengan baik. Kunjungan para tamu yang datang dari luar daerah juga cukup banyak. Dilihat dari kegiatan - kegiatan, aktifitas transportasi cukup padat, kemudian tingkat hunian hotel di Kabupaten Sumbawa juga cukup padat. Terutama saat kegiatan drumband se Provinsi NTB, serta lari 10 K yang pesertanya kebanyakan dari luar daerah, termasuk sejumlah atlet nasional.

“Sehingga ini tergambar bahwa bukan saja istilahnya jeruk minum jeruk, tapi ini bisa terjawab bahwa kita dalam perkembangan dari lima tahun kemarin sampai dengan hari ini, Festival Moyo dapat memberikan support terkait dengan perkembangan ekonomi di Kabupaten Sumbawa,” terangnya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumbawa, Rachman Anshori, M.SE.

Dilanjutkan, berdasarkan laporan dari dinas terkait bahwa dari seluruh aktifitas Festival Moyo, peredaran uang yang mampu terdeteksi sekitar Rp. 9,9 miliar. Dan yang tim inflasi dalam melakukan penilaian di lapangan tidak terlalu mempengaruhi harga yangg berlaku. Oleh karena itu nilai uang dari Rp 9,9 miliar itu tidak menganggu tingkat inflasi di daerah.

“Mudah-mudahan Festival Moyo 2017 dan tahun-tahun mendatang mampu kita lakukan dengan lebih baik lagi. Dan tentu atas dukungan semua pihak, terutama tamu undangan yang datang dari luar daerah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril BS.c menyampaikan, pelaksanaan Festival Moyo 2016 telah terlaksana dengan lancar. Dengan animo masyarakat yang begitu tinggi untuk mengikuti setiap agenda yang disediakan. Melalui kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan selamat kepada semua pihak baik panitia penyelenggara, para seniman dan budayawan, serta masyarakat Sumbawa atas teselenggaranya kegiatan tersebut.

“Mudahan saudara sekalian dalam mengembangkan dan melestarikan seni budaya dan wisata Samawa merupakan wujud partisipasi, wujud kebersamaan dalam membangun masyarakat Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Apresiasi juga saya sampaikan kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang dengan penuh semangat untuk mengawal dan menjaga ketentraman dan ketertiban. Sehingga penyelenggaraan festival moyo ke lima tahun 2016 dapat verlangsung lancar dan aman,” kata Bupati.

Diharapkan agar penyelenggaraan Fetival Moyo 2016 akan selalu memotivasi semua pihak, baik unsur Pemda Sumbawa, Pemprov NTB, maupun Pusat.

“Sukses festival moyo 2016 ini saya harapkan bukan hanya sukses penyelenggaraan saja. Namun lebih dari itu juga harus sukses hasil, sukses dampak yang selalu mampu menyuarakan nama Sumbawa untuk di kunjungi dengan daya tarik budaya dan potensi objek wisata yang luar biasa,” tuturnya. (SK)

No comments