Breaking News

Dikes Raih Peringkat Terbaik Layanan Informasi

Wabup Dahlan dan Pemenang Lomba PPID SKPD.




Bima, Berita11.com— Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Kesehatan Kabupaten Bima berhasil meraih peringkat pertama pada Penganugerahan PPID SKPD Pelayanan Informasi Terbaik Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2016, Senin (24/10) di Aula Kantor Bupati Bima. Acara Penganugerahan PPID turut dihadiri Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Ajeng Roslinda Motimori.

Keberhasilan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Kesehatan diraih setelah dilakukan tahapan ferivikasi yang berlangsung 17 sampai dengan 21 Oktober pada 21 SKPD yang mengembalikan formulir isian tata kelola informasi publik di masing-masing SKPD.

Berdasarkan SK Nomor 01.5/SK PPID/ 2/IX/2016. Peringkat kedua diraih PPID BPMDes, disusul PPID Dinas Peternakan, Peringkat 4 PPID Dinas Pekerjaan Umum, peringkat 5 PPID Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan peringkat 6 diraih Badan Lingkungan Hidup. Pemeringkatan tahun ini juga berhasil menempatkan PPID Badan Ketahanan Pangan sebagai Juara Favorit.

Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer dalam sambutannya dihadapan para Kepala SKPD dan Kepala Sekretariat PPID SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima mengatakan tiga  tahun terakhir di tingkat Provinsi NTB, PPID Kabupaten Bima berhasil meraih prestasi terbaik dibandingkan daerah lainnya dan telah menjadi contoh bagaimana pelayanan informasi publik itu dilakukan sesuai dengan norma dan standar yang ada.

“Saya ingin prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan, dan tentu saja ini memerlukan komitmen dari semua pihak terutama kepala SKPD selaku penanggungjawab pelayanan informasi untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada para pejabat terkait dalam layanan informasi publik,” kata Wabup Dahlan seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma AP.

Kepada para Kepala  SKPD, Wabup Dahlan mengharapkan agar yang diraih menjadi catatan penting dalam pengelolaan informasi publik.  Hasil pemeringkatan PPID SKPD harus menjadi bahan evaluasi secara menyeluruh berkaitan dengan tata kelola informasi, penyediaan data dan informasi publik dimasing-masing SKPD.

“Jadikan lomba untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi  dan komitmen untuk menyediakan informasi publik,.   Ingat Dahlan.

Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Ajeng Roslinda Motimori mengatakan pemeringkatan yang dilaksanakan PPID Kabupaten Bima merupakan yang di Indonesia. Evaluasi tersebut merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman semua kepala daerah seluruh NTB tentang komitmen meningkatkan pelayanan informasi di tingkat kabupaten tahun 2015.

Selain itu, beberapa waktu lalu pemerintah Provinsi NTB telah menandatangani nota kesepahaman dengan para bupati/ wali kota  untuk meningkatkan dukungan bagi pelayanan informasi melalui  Program Desa Benderang Informasi.

Dengan demikian SKPD juga harus siap untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan informasi.  “Jangan sampai PPID desa jauh lebih siap daripada PPID SKPD dalam hal pelayanan informasi publik,” kata Ajeng.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima Drs. Zunaidin, MM, dalam mengatakan era globalisasi menuntut kesiapan jajaran aparatur pemerintah untuk melayani permintaan informasi.

Hal itu disebabkan karena permintaan informasi di satu sisi dilindungi oleh Undang Undang. Namun di lain sisi, bila permintaan informasi dilakukan dengan cara yang memaksa hal tersebut bisa dikenakan tindak pidana.

“Artinya ada beberapa prosedur yang harus dilewati oleh pemohon informasi dan yang harus disediakan oleh SKPD pemberi layanan,” jelas Zainudin.

Disebutkannya, sejak tahun 2013 PPID Utama Kabupaten Bima telah bergerak mengatasi sejumlah sengketa informasi yang masuk ke pemerintah daerah sehingga tidak ada satupun yang sampai ke meja Komisi Informasi Provinsi NTB. Kkarena  persoalan sengketa informasi sudah ditangani di tingkat PPID Kabupaten Bima.

Zunaidin menjelaskan sampai saat ini sudah terbentuk 281 PPID  sampai unit terkecil SKPD, sekolah maupun tingkat desa. Pemeringkatan PPID  ke depan  baik di tingkat SKPD maupun tingkat desa dimaksudkan untuk melakukan evaluasi bagi kemudahan pembinaan. “Meningkatkan pemahaman dan meningkatkan kualitas pelayanan informasi di tiap unit kerja,” imbuh Ketua PPID Utama Kabupaten Bima ini. (AN)


No comments