Breaking News

Dinas Dikpora, Akui Nilai Integritas Kabupaten Bima Rendah

Siswa di Bima Saat Mengikuti UNBK. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Nilai indeks integritas (kejujuran) khusus dalam lingkup pendidikan di Kabupaten Bima terendah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal tersebut diakui Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, H Nasrullah.

Menurut Nasrullah, ada banyak faktor yang menyebabkan indeks integritas di Kabupaten Bima merosot diantatannya kurangnya kesadaran para pendidik mengikuti pelatihan dan lemahnya sosialisasi dalam internal pemangku kepentingan bidang pendidikan di setiap wilayah.

“Indek integritas terendah se-NTB. Ini disebabkan beberapa faktor,” ujar Nasrullah di Bolo, Sabtu (15/10/2016).

Dikatakannya, semua pihak pelaku pendidikan harus bekerja sama melaksanakan berbagai pelatihan dalam rangka mendongkrak kembali indeks integritas di Kabupaten Bima. Hal itu bisa diprogram bersama oleh UPT Dinas Dikpora, pengawas, kepala sekolah maupun oleh guru.

“Sehingga tercapai mutu pendidikan yang mumpuni, handal dan profesional,” ujarnya.
Mengenai penilaian indeks integritas di Kabupaten Bima yang merosot, Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Bolo, Yusuf, A.Ma.Pd tidak sepakat dengan penilaian itu. Menurutnya, tidak semua kecamatan di Kabupaten Bima memiliki indeks integritas yang rendah. Contohnya Kecamatan Bolo.

Dikatakannya, Kecamatan Bolo merupakan wilayah di Kabupaten Bima yang memperoleh nilai UN terbaik dan kerap mempersembahkan prestasi akademik untuk NTB, sehingga predikat indeks integritas rendah tidak sepantasnya dilabelkan terhadap seluruh wilayah di Kabupaten Bima.

“Khusus wilayah Bolo dari awal kami sudah ada  kesepakatan dengan seluruh kepala sekolah untuk bersama-sama satukan langkah dan perpsepsi. Segala ujian anak sekolah  apapun bentuknya tidak akan memberikan bocoran soal, baik UN maupun try out,” ujarnya.

Menurut Yusuf, cara kepala sekolah dan guru di Kecamatan Bolo membiarkan siswa berusaha sendiri meraih nilai terbaik, merupakan upaya mewujudkan indeks integritas terbaik. Selama ini siswa di Kecamatan Bolo kerap mewakili Provinsi NTB dalam berbagai lomba di tingkat nasional seperti bidang akademik dan non-akademik.

“Mata lomba tingkat Kabupaten Bima, Kecamatan Bolo juara umum. Bahkan beberapa sekolah kerap mewakili NTB berbagai lomba baik lomba,” katanya. (SK)  

No comments