Breaking News

Dorong Pemahaman Pedagang, Dikes Siapkan Pasar Aman

H Hefdin Umar. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Dalam rangka memberikan pemahaman terkait panganan aman dan sehat pada penjual, Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima berencana menggelar pasar aman di Desa Tente Kecamatan Woha.

“Tanggal 26 Oktober, kita mengadakan pasar aman di Pasar Tente. Kita undang penjual dan kita berikan penyuluhan bagaimana penanganan jualan yang aman dan sehat,” kata Kepala Dikes Kabupaten Bima, Drs. Hefdin Umar, Apt kepada Berita11.com di Dikes.

Ia mengatakan hal tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas makanan yang beredar di pasar. Selain itu, juga membantu penjual lebih memahami pemilihan dan penggunaan bahan-bahan yang bermutu.

“Ini sangat bagus untuk penjual. Jadi mereka diberikan pemahaman terkait bahan baku yang dapat digunakan dan dilarang. Seperti boraks, formalin dan pewarna pakaian dalam produknya,” imbuhnya.

Dikes mengfokuskan kegiatan menyasar pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang memroduksi makanan baik dalam kemasan ataupun tidak dalam kemasan. Produk akan dikontrol mulai dari sanitasi, pengolahan hingga barang jadi.

Hefdin menuturkan kegiatan juga melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Bima. Kewenangan BPOM yakni mengecek legalitas perizinan serta produk panganan yang ada di pasar.

“Bila perlu produk makanan mereka ada yang mencantumkan label halal dari MUI pada kemasannya untuk menjamin mutu produk lebih aman untuk masyarakat kedepan,” katanya. (ID)

No comments