Breaking News

Hebat, Mahasiswa dan Dosen STKIP Taman Siswa Presentasi dalam Seminar Internasional


Spirit Baru Kampus STKIP Taman Siswa Bima Mewujudkan Pendidikan Beradab

Bima, Berita11.com— Kompetensi mahasiswa dan dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendididikan (STKIP)  Taman Siswa Bima teruji hingga level internasional. Belum lama ini, sedikitnya 5 lima dosen dan mahasiswa kampus setempat menyampaikan presentasi dalam seminar internasional yang diikuti beberapa negara.

Sejumlah dosen yang menyampaikan presentasi dalam seminar internasional yakni, Fitri Ningsih,MPd dengan judul penelitian An analysis of student’s error in writing at English program STKIP Taman Siswa Bima. Presentasi dilakukan di Universitas Negeri Malang, 26 Mei 2016 lalu dengan peserta dari Indonesia, Thailand, India dan Vietnam.

Dosen lain yang menyampaikan presentasi dalam seminar internasional yakni Kurniawan, M.Pd dengan judul penelitian Penguatan Bahasa Ibu dalam Mpama Mbojo Melalu Budaya Literasi bagi Generasi Muda Masyarakat Bima. Presentasi dilakukan belum lama ini di Bandung 4-5 Oktober 2016 dengan peserta dari Indonesia dan Malaysia.

Sesuai jadwal, dosen lain STKIP Taman Siswa Bima yang akan kembali menyampaikan presentasi dalam semintar internasional yaitu Agustiasari dengan judul penelitian Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prestasi tersebut akan disampaikan pada 29 Oktober 2016 mendatang di Universitas Negeri Yogyakarta

Pada hari yang sama, 29 Oktober 2016 mendatang di Universitas Negeri Yogyakarta, dosen lain STKIP Taman Siswa Bima, Endang Susilawati, M.Pd akan memaparkan hasil penelitian berjudul Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika (dengan tujuan mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi).

Sebelumnya, pada 24-25 Mei 2016 di Universitas Negeri Malang, Dosen STKIP Taman Siswa Bima, Muliansani, S.Kom, M.Kom, menyampaikan bahan prestasi berjudul E-Test Based Client Server to Improve Efficiency Proccess of Learning Evalution Outcome, dengan peserta seminar internasional dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Tidak hanya sejumlah dosen tersebut,  dosen lain dari Program Studi Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa, Iin Shoaliha, M.A  menyampaikan bahan presentasi berjudul Penamaan Motif-Motif Tenun Bima dan Refleksinya Terhadap Kebudayaan dalam seminar internasional yang digelar di Universitas Udayana Denpasar, 24-27 Agustus 2016 lalu. Seminar bertajuk kajian Etnlolinguistik tersebut diikuti peserta beberapa universitas luar negeri seperti University of Naples Orientale (Italia), Australia National University (ANU), Tokyo University (Jepang), The University Kansas (US), Michigan State University (US), dan Leiden University (Belanda).

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldu, M.Si mengatakan, selain seminar internasional, setiap tahun 70 persen dosen STKIP Taman Siswa Bima aktif menjadi pemateri dalam seminar internasional.

Setahun terakahir, hasil penelitian 6-8 dosen setempat diterima saat seminar internasional.  (US)

No comments