Breaking News

KTM Labangka belum Memiliki Listrik dan Air Bersih

Zainal Abidin. Foto Ory Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Hingga kini Kota Terpadu Mandiri (KTM) atau daerah trans di Desa Labangka Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa belum dialiri listrik dan air bersih. Sebanyak 226 hektar termasuk di lokasi KTM tersebut disiapkan sebagai bagian dari pelebaran pembangunan ibukota Sumbawa Besar.

Kepala Bidang Transmigrai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbaawa, Zainal Abidin AR, S.Sos mengatakan, pengembangan KTM Labangka sebagai bagian pusat pelebara ibukota Sumbawa Besar bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kendala kita sekarang ini masalah listrik dan air yang belum tersedia. Itu perlu anggaran yang tak sedikit,” ujar Zainal Abidin kepada Berita11.com di Sumbawa, Rabu (26/10/2016).

Dikatakannya, sumber mata air bersih sekira 7,7 kilometer dari lokasi KTM, sehingga untuk pemasangan pipa akan membutuhkan anggaran yang banyak. “Selain jaraknya yang jauh, masalah lain kondisi medan yang cukup sulit,” ujarnya.

Diakui Zainal berbagai upaya telah dilakukan Disnakertrans Kabupaten Sumbawa untuk menghadirkan infrstruktur listrik dan air bersih. Hanya saja belum direspon pihak terkait. Salah satu upaya itu dengan menyampaikan usulan kepada Pemerintah Provinsi NTB dan pemerintah pusat

“Usulanya sejak 2007 hingga 2015. Pada tahun 2016 ini sudah diusulkan kembali  3 Maret 2016 lalu dengan Nomor Surat: 575/102/Diskentrans/2016,” katanya.

Menurut Zainal, pengembangan wilayah sangat penting. Tidak saja untuk memperluas akses pelayanan terhadap masyarakat melalui pembangun kantor baru SKPD di lokasi itu. Namun juga diarahkan sebagai lokasi baru untuk menggeser pemukiman warga, sehingga diharapkan juga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan sektor pariwisata Kabupaten Sumbawa yang sudah menjadi lirikan wisatawan mancanegara.

“Kalau ada dukungan listrik dan air bersih dengan sendirinya pembangunan serta daya tarik masyarakat untuk menempati daerah tersebut akan mudah dan lancar,” pungkas Zainal. (SK)


No comments