Breaking News

Mantan Pejabat Menyerah, Pengelolaan SMAN 1 Diserahkan kepada Kasek Baru

Kegiatan Sertijab Kepala SMAN 1 Bolo




Bima, Berita11.com— Setelah sempat ngotot mempertahankan jabatannya, mantan Kepala SMAN 1 Bolo, Saidin, S.Pd, M.Pd menyerah. Isyarat itu tergambar dari serah terima jabatan dari Saidin kepada Kasek baru, Dra Emi, M.Pd, Senin (24/10/2016).

Prosesi Sertijab yang dilaksanakan di SMAN 1 Bolo Kabupaten Bima tersebut juga disaksikan Kepala Dinas Dikpora, Tajudin, SH, M.Si dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer.
  
Dalam arahannya  Wabup Dahlann mengingatkan Kasek merupakan jabatan tambahan yang diamanahkan selain tugas pokok sebagai guru.  Meski demikian lanjut Kasek merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap aplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.

“Artinya, meskipun mendapat tugas sebagai kepala sekolah bukan berarti meninggalkan tugas sebagai seorang guru yang  memberikan pelajaran bidang studi tertentu atau memberikan bimbingan,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma AP.

Setelah berhenti dari jabatan Kepala SMAN 1 Bolo, Saidin S.Pd, M.Pd dirotasi sebagai pengawas. Dalam proses pendidikan tugas seorang pengawas (supervisi) merupakan bagian tidak terpisahkan dalam upaya peningkatan prestasi belajar dan mutu sekolah dalam memberikan layanan kepada stakeholder pendidikan, terutama kepada  guru. “Baik secara individu maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran,” jelas Dahlan.

Menyadari pentingnya upaya peningkatan mutu dan efektifitas tugas sekolah, maka kegiatan pengawasan harus difokuskan pada perilaku dan perkembangan siswa sebagai bagian penting dari kurikulum/mata pelajaran, organisasi sekolah, kualitas belajar mengajar, penilaian/evaluasi, sistem pencatatan, kebutuhan khusus, administrasi dan manajemen, bimbingan dan konseling, peran dan tanggung jawab orang tua dan masyarakat.

Selain itu, seorang kepala sekolah merupakan panutan bagi para guru dan siswa terutama dalam perilaku dan tutur kata sehingga harus  pandai menjaga sikap dan etika dalam interaksi di lingkungan sekolah.

Wabup Dahlan berharap,  kepemimpinan Dra. Emi. M.Pd akan mampu membawa SMAN 1 Bolo ke arah yang lebih baik, terutama program yang akan dilaksanakan kedepan demi memajukan sekolah. Sekaligus  menciptakan para peserta didik yang handal dan berprestasi pada beragam ajang lomba. (IM)


No comments