Breaking News

Masih Banyak Desa tak Mampu Selesaikan Laporan Keuangan

DR. Ikhsan Safitri, M.Si. Foto Ory Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Hingga Oktober menjelang akhir tahun 2016, masih banyak desa di Kabupaten Sumbawa yang belum dapat menyelesaikan laporan keuangan penggunaan dana desa. Bahkan salah satu desa belum menyelesaikan laporan penggunaan uang pada tahap pertama. Padahal sesuai aturan batas waktu yang ditetapkan  hingga akhir Juli 2016.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Sumbawa, Drs. DR. M Ikhsan Safitri, M.Si menyebutkan, salah satu desa yang hingga kini belum menyampaikan laporan penggunaan anggaran tahap pertama yakni Desa Lunyuk Kecamatan Lunyuk.

“Padahal penyelesaian anggaran termin pertama sesuai aturan yaitu bulan Juli 2016,” ujar Ikhsan kepada Berita11.com di Sumbawa, Jumat (21/10/2016).

Dikatakan Ikhsan, karena belum menyampaikan laporan penggunaan anggaran tahap pertama, maka secara otomatis Desa Lunyuk tidak dapat melaksanakan pencairan anggaran tahap kedua, sehingga menghambat proses kelanjutan pembangunan desa. “Ini juga akan berdampak tidak dapat dilaksanakannya program pembangunan dengan cepat dan baik,” katanya.

Sesuai jadwal dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah, mestinya anggaran desa tahap kedua paling telat dilaporkan September 2016. Tetapi hal itu juga tak kunjung dilakukan Pemerintah Desa Lunyuk karena laporan termin pertama belum disampaikan.

Menurut Ikhsan, penyebab Desa Lunyuk tidak dapat menyelesaikan laporan tepat waktu karena  jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang, sehingga tidak dapat menyerap teori administrasi secara utuh.

Diakui dia, dari 157 desa di Kabupaten Sumbawa, hampir sebagian banyak belum menyampaikan laporan keuangan tahap pertama dan kedua sesuai jadwal. “Masih banayak aparatur pemerintah desa yang tidak dapat menyelesaikan administrasi terkait laporan penggunaan anggaran dana desa,” katanya. (SK)

No comments