Breaking News

Pemkot Bima Tingkatkan Promosi Produk UKM

Kabag Administrsi Ekonomi dan SDA Setda Kota Bima, Nurjanah. Foto Hamid

Kota Bima, Berita11.com— Pemerintah Kota Bima berupaya meningkatkan promosi produk kerajinan dan jajanan usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pameran dan even-even. Hal ini untuk mendorong potensi daerah dikenal lebih luas.

“Peningkatan UKM bersama dengan Diskoperindag. Kita promosikan dulu, terutama kain khas Bima,” kata Kepala Bagian Administrasi Ekonomi dan SDA Setda Kota Bima, Nurjanah S.Sos kepada Berita11.com di Pemkot Bima, Rabu, (5/10/2016).

Dikatakannya promosi akan dilakukan pada rapat kerja nasional (Rakernas) Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWPI) di Mataram pada tanggal 9 hingga 11 Oktober 2016 mendatang.

Sasarannya mengenalkan potensi unggulan daerah sehingga dapat dilirik oleh masyarakat luas. “Nanti kita memamerkan hasil unggulan UKM.  Disana bukan hanya untuk level atas saja,” ujarnya.

Selain itu, pada kesempatan itu Pemkot Bima juga akan mengenalkan jajanan dari bahan dasar daun kelor dan buah kawista. Pengembangan panganan khas tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima.

“Daun kelor kita buat dodol dan bronis. Buah kawista juga kita buat jus dan dodol. Itu cukup diminati,” imbuhnya.

Nurjanah mengatakan, promosi kain tenun khas Bima sudah dilakukan pada ajang pencarian bakat pada salah satu stasiun televisi nasional. Selain itu, upaya lain dipajang melalui outlet di hotel dan bandara.

“Jumlah UKM yang ada di Kota Bima yang masih eksis berjumlah 3000 lebih. Itu akan terus kita genjot,” katanya. (ID)

No comments