Breaking News

Pungli Prona, HMT Gelar Demo di Depan Kantor Desa Teke

Massa Himpunan Mahasiswa Teke Beraksi di Depan Kantor Desa Teke. Foto Ist


Bima, Berita11.com— Belasan orang yang menamakan Himpunan Mahasiwa Teke (HMT) menggelar demo di depan kantor Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Mereka mendesak agar aparat kepolisian mengusut dugaan pungutan liar (Pungli) pada program nasional agraria (Prona).

Massa menuding Prona yang dilaksanakan di Desa Teka sarat praktik Pungli yang diduga dilakukan apatur desa setempat.

Dalam orasinya, Koordinator HMT, Agusalim meminta Pemerintah Desa Teke agar transparan dalam melaksanakan setiap program termasuk berkaitan dengan sertifikasi lahan warga. Undang-Undan Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) harus dilaksanakan oleh desa.

“Kami minta agar program  dilaksanakan secara terbuka. Semestinya program dilaksanakan secara transparan sesuai Undang-Undang Nomor 14,” kata Agusalim dalam orasinya.

Massa juga menuntut agar Badan Pertanahan Kabupaten Bima agar bertanggungjawab terhadap pelaksanaan Prona di desa setempat. Karena bagaimana pun badan itu mengetahui tentang Prona.

Sempat terjadi ketegangan antara massa HMT dengan sejumlah warga yang menganggap aski massa tidak menguntungkan warga. Namun tidak berlangsung lama. Aksi massa dikawal sejumlah aparat kepolisian. (ID/TM)

No comments