Breaking News

Refleksi HUT ke- 71, TNI Diharapkan tidak Pudar di Tengah Globalisasi

Spanduk Tema Peringatan HUT ke-71 TNI. Foto Ory Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) diperingati di seluruh daerah di Indonesia termasuk di Bima. Pada momentum hari jadi ini, prajurit TNI diharapkan tidak pudar di tengah globalisasi.

“Makna yang tekandung dalam tema HUT, TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri sejati TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis,” ujar Dandim 1608 Bima, Letkol CZI.Yudhil Hendro saat menjadi Irup HUT ke-71 TNI di halaman Kodim 1608 Bima, Rabu (5/10/2016) pagi.

Pada upacara HUT ke-71 TNI sengaja tidak menampilkan berbagai demontrasi akttif maupun alutista. Namun upacara dilaksanakan di setiap daerah secara sederhana. Sesuai dengan konsep yang dibangun yakni bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional, dan siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Peringatan HUT TNI tahun 2016 melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat melalui kegiatan seni, lomba baca puisi, cipta lagu, dan tarian daerah sebagai bagian dari upaya mengangkat kearifan lokal.

Saat ini, konsentrasi TNI tidak hanya terfokus urusan menjaga teritorial atau pertahanan keamanan tetapi juga mewujudkan tentara yang peduli terhadap rakyat yang dibuktikan melalui sejumlah kegiatan sosial seperti bedah rumah, pengobatan massal dan operasi katarak.

“Pada tahun 2016 ini penyelengaraan HUT pada hakekatnya merupakan salah satunya adalah bentuk laporan pertangungjawabanTNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilakukan,” ujar Yudhil.

Disebutkannya, selama ini TNI telah memberikan berbagai sumbangsih untuk bangsa dan negara melalui operasi perang militer (OPM) dan operasi militer lain seperti penanggulangan kebakaran hutan, penanganan korban banjir, tanah longsor dan operasi Tinombala penumpasan aksi terorisme.

Yudhil mengingatkan, bahwa setiap prajurit dan PNS TNI dituntut mengedapankan tugas dan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi. Karena itu, tindakan negatif sekecil apapun akan menganggu dan merusak jati diri TNI.

TNI juga diharapkan menjaga netralitas dalam menghadapi Pilkada di berbagai daerah. Para prajurit harus reaktif terhadap berbagai gejolak dalam masyarakat melaksanakan tugas secara hierarkis.

Upacara HUT ke-71 TNI di Kodim 1608 Bima berlangsung hidmat dihadiri forum pimpinan daerah, Kapolres Bima Kota dan Kapolres Bima, 1 SSK Brimob, 1 SSK Polres Bima Kota dan Kabupaten, 1 SST Polisi Pamong Praja, Setkom dan Pemuda Anshor.

Usai upacara juga dilaksanakan berbagai kegiatan seperti tari budaya, tari Tembe Mantika oleh siswi SMA 1 Kota Bima, demontrasi karate (ingkai) oleh pelajar tingkat SD hingga SMA di bawah bimbingan Serka H.M.Furkan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan pemberian piagam dan medali bagi 15 orang atlit berprestasi kejuaraan Karate se-NTB. Puncaknya pemotongan tumpeng oleh Dandim 1608 Bima yang kemudian diserahkan kepada Sertu Lahmudi,  anggota Korami Kecamatan Monta. (SK)

No comments