Breaking News

Sekretaris BPD Ditatar Cara Menyusun Raperdes

Pelatihan Sekretaris BPD se-Kabupaten Bima, Rabu (5/10/2016). Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) membutuhkan pengawasan dari berbagai pihak terutama “legislatif” di desa. Untuk mengoptimalkan itu, 191 Sekretaris Desa di Kabupaten Bima ditatar cara menyusun Rancangan Peraturan Desa (Raperdes).

Pelatihan peningkatan kapasitas Sekretaris BPD dilaksanakan di aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes), jalan Garuda Kota Bima. Narasumbernya anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Bima, Ilham, SH, Kasubag Hukum Setda Kabupaten Bima, Zulkifli, MH, Kabid Pemerintah Desa BPMDEs, Rosdiana, SE. Pejabat BPMDes lainnya, Herman.

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Bima, Ilham SH mengatakan, keberadaaan Raperdes sangat penting untuk mengoptimalkan peran dan fungsi BPD dalam mengawasi implementasi anggaran desa.

Penyusunan Raperdes juga dimaksudkan untuk mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan di desa seperti retribusi. Hanya saja sebelum penyusunan Raperdes, Sekretaris BPD diminta agar berkonsultasi dengan SKPD terkait guna memastikan regulasi tingkat desa dibuat tidak bertentangan dengan produk hukum tingkat daerah maupun Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang.

Kasubag Hukum Setda Kabupaten Bima, Zulkifli, MH meminta peserta pelatihan peningkatan kapasitas Sekretaris BPD agar selalu menyiapkan dan menyusun administrasi keuangan desa secara rapi dan tepat.

Zulkifli juga mengingatkan BPD agar berperan maksimal dalam mengawasi kinerja Pemerintah Desa, terutama dalam mengevaluasi hasil kerja kepala desa dalam setahun. (IM)

No comments