Breaking News

Setiap Tahun Dispertapa Terima 200 Proposal, tapi yang Disetujui 20 Poktan

Irfan, SP, MP. Foto Ory Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Setiap tahun Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (Disper TPH) Kabupaten Sumbawa menerima sedikitnya ratusan proposal dari kelompok tani. Namun setelah diverifikasi yang lolos mendapatkan bantuan hanya 20 Poktan.

Kepala Sub Bagian Program Disper TPH Kabupaten Bima, Irfan, SP, MP mencontohkan pada tahun 2016 saja, SKPD setempat menerima 157 proposal usulan dari Poktan tentang pembukaan dan peningkatan infrastruktur jalan tani.

“Karena terbatasnya Dana Alokasi Khusus sehingga pembangunan infrastruktur jalan di Sumbawa tidak merata,” ujar Irfan.

Menurut Irfan, terbatasnya realisasi DAK menyebabkan proposal Poktan menumpukk di meja Disper TPH. Karena sistem verifikasi calon penerima program atau bantuan ditentukan oleh pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Pengajuan proposal setiap tahunya bahkan mencapai 200 usulan kelompok tani yang masuk. Sehingga  sering  menimbulkan reaksi  protes dari kelompok masyarakat tani yang ada,” katanya.

Ditambahkan Irfan, proposal yang masuk merupakan hasil usulan para kelompok tani secara langsung maupun yang diterima melalui usulan masyarakat tani ketika rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di tingkat kecamatan. (SK)


No comments