Breaking News

Tahun 2017, DPOKP Gelar Barapan Kebo

Sekretaris DPOKP Kabupaten Sumbawa, Nurhinsyah, S.Ip, M.Si. Foto Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Setelah beberapa pekan lalu sukses dengan Festival Moyo, pada tahun 2017 mendatang Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa akan menyiapkan festival pariwisata yakni Barapan Kebo.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DPOKP) Kabupaten Sumbawa, Nurhinsyah S.Ip,M.Si, menjelaskan, festival Barapan Kebo dimaksudkan untuk mengembalikan kejayaan budaya itu di tengah masyarakat Samawa. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi bagi peternak, sehingga bisa mengindentifikasi keunggulan berternak kerbau dengan potensi nilai jual tinggi.

“Untuk meningkatkan serta mengembalikan kejayaan kerbau Sumbawa sebagai salah satu komoditi ternak yang berdaya saing dan memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumbawa,” ujar Nurhinsyah kepada Berita11.com di DPOKP Sumbaawa, Jumat (21/10/2016).

Dijelaskan Nurhinsyah, Barapan Kebo merupakan kegiatan yang dilakukan  oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa dari tahun ke tahun beda generasi hingga pada jaman era teknologi. 

Diharapkan, Barapan Kebo dapat mengangkat budaya dan adat istiadat Sumbawa pada umumnya. Selain itu diharapkan menjadi ajang promosi destinasi atau obyek wisata yang ada Kabupaten Sumbawa.

“Barapan Kebo dari waktu-waktu menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Seperti Festival  Barapan Kebo Belamung di Kecamatan Empang beberapa waktu yang lalu,” ujar Nurhinsyah. (SK)

No comments