Breaking News

Tuntut Penjelasan Proyek Revitalisasi Pasar Sila, KNPI Tutup Jalan

Aksi KNPI Kecamatan Bolo, Kamis pagi. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Belasan Pemuda dari pengurus dan anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bolo menggelar aksi unjuk rasa di depan lokasi proyek revitalisasi pasar sila Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Kamis (13/10/2016). KNPI menilai ada kejanggalan dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Aksi unjuk rasa dimulai sekitar pukul 09.30 Wita itu mendapat pengawalan dari aparat Polsek Bolo. Pengunjuk rasa mengancam jika tidak direspon oleh pihak terkait akan melakukan pemblokiran jalan.

Dalam peryataan sikap tertulisnya, KNPI menilai ada beberapa kejanggalan dalam proyek revitalisasi pasar. Terutama menyangkut izin pembongkaran yang belum dikantongi CV Bintang selaku pihak pengembang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bima.

Selain itu, KNPI menganggap pihak pengembang telah gagal dan melanggar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi  Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. KNPI juga menilai pihak pengembang dan dinas terkait tidak melakukan sosialisasi dan keterbukaan informasi proyek.

Beberapa saat kemudian Camat Bolo, Muslimin S.Sos terlihat turun kelokasi untuk meredam aksi pengunjukrasa. Terlihat pula Kabag Ops Polres Bima, Kompol Mukhlis. H.I meminta aksi dihentikan agar tidak menyebabkkan kemacetan parah.

Akhirya KNPI dan pemerintah kecamatan menyepakati  audiensi dengan pihak pengembang dan Disperindag membahas lebihlanjut permasalahan.

Sementara itu untuk mengantisipasi parahnya kemacetan polisi melakukan pengalihan jalur kendaraan yang melintas pasar sila. (ID)

No comments