Breaking News

10 Mobil Serkel Incar Kayu di Hutan Sumbawa

Mukhtawarman. Foto Ori Berita11.com/ Sumbawa

Sumbawa, Berita11.com— Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa terus berupaya meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas perambahan hutan. Dinas setempat menduga setidaknya ada 10 mobil serkel dari wilayah timur Pulau Sumbawa yang mengincar kayu hutan Samawa.

Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa, Mukhtawarman, S.Pt kepada Berita11.com, mengatakan, Rabu (16/11/2016) petugas dinas setempat bersama aparat gabungan, TNI, Kepolisian, Satuan Pol PP mengamankan 25 kubik kayu dari hutan lindung di Kecamatan Empang.

“Disinyalir  illegal logging  terus dilakukan oleh oknum masyarakat mengingat masih banyaknya mobil sensor kayu  saat ini bersembuyi. Lebih kurang sepuluh mobil sensor kayu tersebut berdatangan dari wilayah timur Pulau Sumbawa. Hal ini yang kami waspadai sehingga intens patroli,” ujar Mukhtawarman di Sumbawa Besar.

Dikatakannya,  25 kubik kayu jati hasil Opgab itu saat ini sudah diamankan di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab upaten Sumbawa. Selain itu, aparat juga mengamankan   lima unit truk pengangkut serta dua unit mobil sensor kayu (serkel).
“Saat Opgab para pelaku melarikan diri dengan meninggalkan barang bukti tersebut,” kata Muhktawarman.

Sebelum Opgab pekan lalu,  aparat sudah pernah melaksanakan operasi pengawasa. Tetapi  dihadang oleh masyarakat. sejumlah oknum masyarakat memasangi ranjau paku untuk menghalangi petugas.  

Muhktawarman mengisyaratkan, mengisyaratkan, menyusul maraknya aktivitas illegal logging, aparat Dishut akan terus meningkatkan upaya pengawasan terhadap peredaran hasil hutan dan aktivitas perambahan.

“Operasi secara rutin, baik melalui Opgab maupun operasi secara internal dengan menjalin kerja sama pihak Kantor Penanganan Hutan  4 Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa,” tambahnya. (SK)


No comments