Breaking News

17 BTS segera Dibangun di Kabupaten Bima

Base Transceiver Station. Ist


Bima, Berita11.com— Di tengah derasnya protes masyarakat terhadap pembangunan tower telekomunikasi, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bima tetap akan mendorong pembangunan 17 Base Transceiver Station (BTS) di 10 kecamatan di Kabupaten Bima.

Kepala Seksi Penyiaran Bidang Kominfo Dishubkominfo Kabupaten Bima, Suryansyah menyebutkan, 17 titik pembangunan BTS baru meliputi lokasi tanpa sinyal (blank spot) di Kecamatan Tambora, Sanggar, Soromandi, Donggo, Sape, Ambalawi, Wawo, Lambu dan Langgudu.

Menurut dia, rencana pembangunan belasan BTS itu sudah disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga pemerintah tinggal beraksi pada tahun 2017 mendatang. Pembangunan 17 tower itu merupakan program bantuan yang bersumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“Jumlah yang diusulkan oleh pemerintah daerah 36 titik. Setelah kita kirim ke Kominfo diprioritaskan untuk 17 titik,” katanya kepada Berita11.com di Dishubkominfo, Rabu (30/11/2016).

Suryansah menjelaskan, Kementerian Kominfo hanya menyiapkan anggaran bantuan untuk pembangunan BTS di 17 titik, sedangkan terkait pembebasan lahan akan diserahkan kepada pemerintah daerah. “Harapannya pemerintah daerah menghibahkan lahan 20 sampai 25 meter untuk pembangunan BTS pada titik blankspot. Tim Kominfo sendiri sudah turun langsung menyurvei dan diprioritaskan 17 titik dari usulan 36 titik,” katanya.

Suryansah menambahkan, selain berupaya mengatasi titik blankspot, upaya Dishubkominfo saat ini adalah mendorong penyiapan internet gratis untuk unit layanan di kecamatan seperti sekolah dan Puskesmas. “Kalau pemasangan pada 53 lembaga itu sudah terpasang. Program itu akan jalan selama tiga tahun,” katanya. (US/*)


No comments