Breaking News

673 PNS Lingkup Pemkab Sumbawa Disumpah

Prosesi Pengambilan Sumpah Janji PNS di Lingkup Pemkab Sumbawa


Sumbawa, Berita11.com— Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril BS.c mengambil sumpah/janji sebanyak 673 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumbawa tahun 2016. Kegiatan digelar di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa Kamis (10/11/2016).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Wakil Ketua DPRD Sumbawa Dr. Drs. A Rahman Alamudy S.H, MS.i, para Kepala SKPD, serta lainnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa Drs. Abdul Gani Nasby  menyebutkan, jumlah PNS yang mengikuti ikrar (sumpah janji) tahun 2016 sebanyak 673 orang, dengan kualifikasi kelompok jabatan yakni Tenaga Guru berjumlah 451 orang terdiri dari TK 4 orang, SD 366 orang, SMP 54 orang, dan SMA/SMK 27 orang.

Tenaga Kesehatan berjumlah 49 orang terdiri dari Dokter 30 orang dan Kesehatan lainnya 19 orang. Seta tenaga Teknis lainnya sebnayak 173 orang. Mereka diangkat berdasarkan pengangkatan Kategori I sebanyak 49 orang,

Kategori II 537 orang, Umum tahun 2015 sebanyak 55 orang, Jalus Khusus Dokter tahun 2014 15 orang, Jalur Khusus Dokter tahun 2015 12 orang dan Lulusan STPDN 5 orang.

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril BS.c  mengingatkan aparatur yang disumpah  PNS harus mempunyai karakter kepahlawanan. Karena karakter tersebut memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

Saya yakin dan percaya bahwa sahabat-sahabat sekalian adalah sumber daya manusia yang terdidik, terlatih dan memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap pekerjaan. Apalagi sebagaimana kita ketahui bersama, saudara-saudari bukanlah orang baru dalam melaksanakan tugas ini, karena sebelumnya saudara-saudari telah mengabdikan diri terlebih dahulu sebagai CPNS di pemerintah Kabupaten Sumbawa,” katanya.

Menurut Haji Husni – panggilan akrab Bupati, sumpah/janji yang telah diucapkan tersebut merupakan sebuah amanah dan kepercayaan yang diberikan. Tidak hanya dari Pemerintah, namun juga merupakan amanah dan kepercayaan dari masyarakat.

Untuk itu,  para PNS yang baru dilantik diharapkan menjalankan amanah dan kepercayaan tersebut dengan sebaik-sebaiknya. Sebagai abdi masyarakat, PNS  harus peka dan tanggap terhadap setiap persoalan yang timbul di masyarakat.

Sikap dan tingkah laku seorang PNS dinilai sebagai cerminan dari salah satu roda yang menjalankan pemerintahan dan pembangunan saat ini.

Untuk menjadi abdi Negara, seorang PNS harus memiliki komitmen yang kuat dalam rangka mendukung usaha pemerintah mendorong terciptanya good governance, yang diimplementasikan melalui sikap dan tindakan nyata yang dimulai dari diri masing-masing untuk menjauhi segala macam bentuk perbuatan dan tindakan yang menyalahi aturan-aturan yang berlaku.

"Ada beberapa tuntutan masyarakat yang harus mampu dipenuhi oleh setiap aparat Pemerintah. Yaitu bekerja dengan jujur, terbuka atau transparan, demokratis, penuh perhatian kepada masyarakat, dan bebas dari KKN. Dengan kata lain, aparat pemerintah harus mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tanpa pilih kasih, pungkasnya. (SK)

No comments