Breaking News

ABK di Sumbawa Ditatar Keselamatan Berlayar

Sejumlah ABK di Sumbawa Mengikuti Penyuluhan Keselamatan Berlayar.


Sumbawa, Berita11.com— Dalam rangka meningkatkan keselamatan di bidang transportasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sumbawa menggelar Penyuluhan alat–alat keselamatan bagi ABK Pelayaran Kapal di aula kantor Dishubkominfo Kabupaten. Sumbawa, Kamis (3/11/2016).

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Kabupaten Sumbawa, Lalu Suharmaji K, ST.,MT yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan, fungsi utama kapal atau perahu adalah sebagai alat transportasi. Sarana transportasi dengan menggunakan kapal merupakan alat transportasi yang sangat murah dibandingkan sarana transportasi yang lain.

Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan laut dengan luas perairan 5,8 juta km persegi dan lebih kurang 17.000 pulau maka dapat diartikan bahwa laut merupakan sumberdaya alam yang sangat potensial. Laut adalah sarana transportasi yang sudah disediakan oleh alam. Manusia tinggal membuat dermaga di pelabuhan-pelabuhan.

“Dibandingkan dengan membuat jalan raya maka laut merupakan prasarana transportasi yang tidak memerlukan biaya. Daya angkut kapal pun sangat besar sekali,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori, S.Sos, M.SE.

Dikatakannya, apabila dibandingkan dengan pesawat terbang kapal masih kalah cepat, tetapi daya angkut pesawat terbang masih sedikit dibandingkan dengan kapal laut. Selain sebagai sarana transportasi, beberapa fungsi kapal lainnya adalah sebagai kapal penangkap ikan atau kapal pukat, kapal dagang, kapal barang, kapal perang, kapal ekspedisi untuk penelitian dan lain sebagainya.

Agar kapal sebagai transportasi laut dapat menjadi transportasi pilihan masyarakat banyak tentu faktor keselamatan harus menjadi perhatian utama yaitu dengan memenuhi standar keselamatan pelayaran. Keselamatan pelayaran merupakan faktor penunjang untuk kelancaran transportasi laut dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Suharmaji menyampaikan ungkapan terima kasih  kepada Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar atas peran sertanya ikut memajukan dunia pelayaran di Kabupaten Sumbawa dengan memberikan penyuluhan alat-alat keselamatan bagi ABK pelayaran rakyat.

Harapannya, ABK pelayaran rakyat semakin memahami akan pentingnya fungsi alat-alat keselamatan transportasi laut. Karena sarana dan prasarana transportasi harus selalu memerhatikan aspek keselamatan. 

Harapannya lain agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan pengetahuan terkait dengan keselamatan pelayaran sehingga nantinya dapat diaplikasikan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. (SK)

No comments