Breaking News

Blanko Kosong, Discapil “Puasa” Terbitkan E-KTP

Ilustrasi/ Ist


Sumbawa, Berita11.com— Masyarakat yang ingin mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa harus ekstra sabar. Saat ini hingga akhir Desember 2016 mendatang, dinas setempat dipastikan tidak akan mencetak KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, Ir Julkifli mengatakan, kekosongan blanko KTP terjadi sejak Oktober lalu. Bahkan, permohonan penerbitan KTP untuk 19.000 warga tidak bisa dieksekusi oleh Disdukcapil.

Untuk menyiasati kebutuhan masyarakat terhadap dokumen kependudukan, SKPD setempat terpaksa menerbitkan KTP sementara yang berlaku selama enam bulan.

Dikatakannya, sesuai informasi yang diperoleh Disdukcapil pembuatan blanko E-KTP gagal dilakukan pemerintah pusat melalui sistem tender kepada pihak perusahaan. Itu sesuai dengan Surat Kemendagri Nomor 471.13/12159, tanggal 15 November 2016 lalu.

“Untuk mempercepat pengadaan E-KTP tersebut, saat ini dinas akan mengupayakan mengajukan permohonan melalui APBD dengan sistim tender Pra-Dipa tahun 2017 dengan harapan balangko E-KTP tersebut dapat tersedia awal Januari 2017 mendatang,” kata Julkifli kepada Berita11.com (SK)

No comments