Breaking News

Dinas Dikpora akan Evaluasi Peraturan Larangan Merokok

Ilustrasi


Bima, Berita11.com— Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima berencana akan mengevaluasi surat edaran tentang larangan merokok di lingkungan sekolah. Pasalnya, penerapan ketentuan tersebut dinilai tidak berjalan efektif.

“Tinggal sekarang kita evaluasi. Kalau dalam hasil pengamatan tidak efektif, jika masih dilanggar nanti kita akan tingkatkan lagi,” kata Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Tajuddin SH kepada Berita11.com di Woha.  

Ia menjelaskan peningkatan regulasi berupa penerbitan surat edaran atau keputusan Bupati yaitu dengan mencantumkan sanksi secara berjenjang. Menurutnya, jika memungkinkan pemberian sanksi akan dibahas dan disepakati melalui rapat bersama pihak-pihak terkait sehingga dapat memberikan efek jera.

“Ada teguran lisan, ada teguran tertulis juga nanti. Mungkin akan kita bahas dalam forum rapat,” ujarnya.

Tajuddin menuturkan guru sebagai panutan harus memberikan contoh yang baik bagi siswa. Berdasarkan pantauan dinas penerapan aturan masih terlihat pincang karena tidak sekolah menerapkan ketentuan tersebut.

Ia juga berharap kepala sekolah tidak sekadar menunggu regulasi daerah tapi  menerapkan kebijakannya sendiri.

“Ada yang efektif dan ada yang tidak. Semua tergantung inisiatif kepala sekolahnya. Tidak hanya menunggu aturan yang dibuat,” pungkasnya. (ID)


No comments