Breaking News

Hasil Penyewaan Paruga Nae Convention Hall Melampaui Target

Rusdan HAR. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bima yang bersumber pada sektor jasa sewa gedung Paruga Nae Convention Hall pada tahun ini telah melampaui target. Terhitung per Oktober 2016 telah mencapai Rp270 juta dari target 265 juta.

“Target kita di tahun 2016 Rp265 juta sekarang sekitar Rp270 juta melebihi target. Mudah-mudahan sisa dua bulan ini bisa bertambah,” kata Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Kota Bima, Rusdan Har kepada Berita11.com di Pemkot Bima, Senin (01/11/2016).

Menurut Rusdan minat masyarakat  memilih pelaksanaan pernikahan  dalam gedung mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2015 pemkot menargetkan Rp200 juta. Ia mengakui penggunaan gedung tidak menjangkau semua kalangan. Jika diukur dari tarif yang ditetapkan, ia menyarankan masyarakat untuk bijak memilih.

“Tidak semua menjangkau semua. Hanya kelas-kelas dan kalangan tertentu. Kan bisa memilih alternatif lain,” ujarnya.

Sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum tarif pemakaian gedung ditetapkan sebesar Rp5 juta dan maksimal Rp10 juta. Disinggung mengenai perubahan tarif, Rusdan mengatakan Pemkot Bima belum berencana menyesuaikan tarif baru.

“Untuk acara nikah Rp5 juta. Kalau acara wisuda dan pertemuan itu bisa sampai Rp10 juta. Belum ada karena mekanismenya harus diubah melalui. Kita lihat dan sesuaikan dengan kondisi masyarakat,” jelasnya.

Rusdan menambahkan pihaknya berencana meningkatkan fasilitas penunjang gedung Paruga Nae Convention Hall. Namun karena pertimbangan keberadaan usaha dibidang yang sama, pemkot hanya akan membenahi kekurangan fasilitas didalam gedung.

“Kita arahnya kesana, cuma masalahnya kalau kita lengkapi semua, kasihan rekanan-rekanan. Seperti pengusaha kursi. Jadi efeknya kesitu,” katanya (ID)



No comments