Breaking News

Ini Upaya para RT di Kecamatan Asakota Mencegah Gangguan Kantibmas

Spanduk Himbauan Kamtibmas yang Dipasang di Sejumlah RT di Kecamatan Asakota.


Kota Bima, Berita11.com— Sejumlah Ketua Rukun Tetangga (RT) dan masyarakat di Kecamatan Asakota memiliki inovasi dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah mereka. Sejumlah Ketua RT di kecamatan tersebut membuat spanduk himbauan secara swadaya.

Camat Asakota, Drs Is Fahmin mengatakan, setidaknya ada empat RT yang membuat inovasi itu yakni di RT 1, RT 5 dan RT di lingkungan Tato Kelurahan Jatiwangi serta di RT 12 Kelurahan Melayu. Dana pembuatan spanduk himbauan bersumber dari swadaya masyarakat dan Ketua RT.

“Itu merupakan inovasi dari para RT yang merupakan hasil swadaya masyarakat dan Ketua RT,” ujar Is Fahmin di kantor Camat Asakota, Rabu (16/11/2016).

Dikatakannya, keberadaan spanduk himbauan diharapkan mencegah gangguan Kamtibmas secara dini. Papan himbauan tersebut dipasang di setiap pintu masuk di sejumlah RT itu.

“Minimal orang membaca ada manfaat. Karena kalau kita mengumpulkan masyarakat itu susah karena kerja dan sebagainya. Berbeda dengan himbauan tertulis bisa lebih efektif, bisa dibaca berulang kali. Orang yang berniat jahat juga akan mikir,” katanya.

Is Fahmin menjelaskan, spanduk waspada lingkungan yang dipasang berisi sejumlah himbauan seperti mengingatkan masyarakat agar menjaga putra-putrinya untuk belajar di rumah, wajib menegur atau bertanya dengan santun jika ada orang baru yang dilihat atau dikenal.

Diisyaratkannya, inovasi sejumlah RT tersebut akan direplikasi di seluruh RT dan kelurahan lain di Kecamatan Asakota. “Ini merupakan inovasi yang baru ada di Kecamatan Asakota. Secara bertahap itu akan dibuat di setiap RT di Kecamatan Asakota,” ujarnya. (US)

No comments