Breaking News

Ini Upaya SMAN 2 Woha Antisipasi Potensi Konflik

Kepala SMAN 2 Woha, Muhammad SPd. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— SMA Negeri 2 Woha Kabupaten Bima akan mengagendakan rapat koordinasi (Rakor) membahas upaya penanganan permasalahan siswa agar tak lagi membias di luar sekolah. Masalah siswa sering menjadi pemicu ketegangan dan konflik warga antardesa.

“Nanti kita akan bahas bersama kepala desa, Danramil, Kapolsek, Camat dan Kasi Trantib duduk bersama disekolah. Bagaimana cara menangani masalah supaya tidak membias ke masyarakat,” ujar Kepala SMAN 2 Woha, Muhamad S.Pd kepada Berita11.com di sekolah setempat, Senin (15/11/2016).

Menurut Muhamad menjalarnya masalah hingga menjadi konflik antar kampung disebabkan kesalahan penanganan. Sebagai wilayah rawan konflik ia memahami jika masalah siswa perlu ditangani dengan serius.

“Sumbernya kasus kan dari siswa. Lalu membias. Kenapa, karena proses penanganannya kurang tepat dan cepat,” katanya.

Ia mengatakan, bila muncul masalah, penyelesaian langsung dilakukan saat itu juga dengan memanggil pihak terkait ke sekolah. “Kemarin hampir ribut, kami panggil cepat pihak desa dan wali murid dan alhamdulillah berakhir damai,” ujarnya.

Disamping itu, Muhamad mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan sekolah untuk menangani masalah. Salah satunya membiasakan budaya ramah dan santun dan penekanan pemahaman tentang pilar kebangsaan. Menurutnya hal lain yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler siswa.

“Terkait rakor kita akan sama-sama mencari solusi masalah tersebut. Selalu berkoordinasi. Kemudian program ramah dan santun. Juga mengefektifkan kegiatan eks School terutama pramuka. Kami kira itu yang perlu,” imbuhnya. (ID)

No comments