Breaking News

Kado HKN, Wabup Dahlan Puji Disiplin Aparatur Dikes

Wabup Dahlan Foto Bersama Usai Menyerahkan Kunci Sepeda Motor kepaada Petugas Kesehatan.


Bima, Berita11.com— Berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) dan pemantauan intens, tingkat disiplin pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, jauh lebih baik. Bahkan bila dirangking, mencapai 90 persen.
Kenyataan itu merupakan kado terindah bagi SKPD setempat saat puncak peringatan ke-52 Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Bima, sehingga dipuji Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer.
“Kinerja jajaran Dinas Kesehatan patut dibanggakan dengan tingkat kehadiran lebih dari 90 persen. Namun hal ini harus tetap dapat ditingkatkan dan dipertahankan,” ujar Wabup Dahlan seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M Chandra Kusuma AP, saat puncak HKN Kabupaten Bima di Dikes, Kamis (24/11/2016).

Wabup Dahlan berharap agar keberhasilan sejumlah PKM seperti Puskesmas Lambitu dalam meraih prestasi di tingkat kabupaten, propinsi dan juara III di tingkat nasional dapat menjadi pijakan utama unit kerja tersebut dan jajaran Dinas Kesehatan. 

Pada puncak peringatan HKN di Kabupaten Bima mengusung  tema Keluarga Sehat Idamanku, Kota Sehat Impianku Menuju Bima RAMAH. Wabup Dahlan berharap agar jajaran Dikes terus meningkatkan pelayanan mewujudkan keluarga sehat sebagai keluarga idaman.

Hal itu karena selaras dengan visi Bima RAMAH. Sehingga perlu diupayakan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.  “Mengingat selama ini ada kesenjangan tingkat kesehatan masyarakat yang perlu dijembatani melalui program-program prioritas di bidang kesehatan dan layanan dasar lainnya,” katanya.

Pada saat bersamaan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Drs. Hefdin Umar, APt mengatakan, untuk memeriahkan HKN tahun 2016, panitia menggelar sejumlah kegiatan yakni lomba  tarik tambang, lari karung, bola voli, tenis meja dan futsal. 

Selain itu, lomba dokter kecil, lKebersihan sarana kesehatan, lomba cerdas-cermat kader Posyandu, lomba penataan aset pemerintah, lomba perawat teladan, lomba yel yel instansi dan mars dan lomba senam.  

Kegiatan peringatan HKN tahun 2016 di Kabupaten Bima terselenggara berkat kerjasama antara Dikes dengan sejumlah sponsor baik BNI, Bank NTB, BPJS dan organisasi profesi di bidang kesehatan.

Sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan ke-52 HKN ditujukan untuk mempererat silaturahmi,  Rumah Sakit, Puskesmas, lembaga pendidikan kesehatan, para pensiunan, organisasi profesi termasuk dengan mitra kerja BPJS kesehatan.

“Pada saat yang sama kegiatan tersebut ditujukan untuk memasyarakatkan dan mempraktikkan salah satu kunci perilaku hidup bersih dan sehat supaya tetap sehat yaitu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari melalui kegiatan lomba olahraga,” kata Hefdin.

Pada momentum puncak peringatan HKN di Kabupaten Bima, Wabup Dahlan menyerahkan 21 unit sepeda motor kepada 21 kepala Puskesmas untuk menunjang pelayanan medis dan cinderamata berupa cincin kepada 21 PNS purna tugas.

Selain itu menyerahkan penghargaan Juara 1 tingkat Provinsi NTB kepada kepala PKM Lambitu sebagai pembina kelompok asuhan mandiri tanaman obat keluarga dan Juara 3 tingkat nasional untuk kelompok lomba yang sama, Pin Bidan AKINO kepada Nuryanti, A.Md Keb asal Lamere-Sape. (AN)

No comments