Breaking News

Kaharuddin Gagal, Besok 12 Orang Berebut Kursi Sekda

12 Pejabat yang Dinyatakan Lolos Administrasi Jabatan Sekda. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Satu dari 13 pejabat yang mendaftar sebagai bakal calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima gagal melaju ke tahap seleksi berikutnya. Pejabat yang gagal itu yakni Drs Kaharuddin yang kini menjabat sebagai Kepala Diskoperindag Kota Bima. 12 pejabat lainnya dijadwalkan akan mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan di SMKN 3 Kota Bima, Rabu (16/11/2016).

Ketua Sekretariat Pansel Sekda Kota Bima, Drs H Mahfud mengatakan, sesuai jadwal, ujian kompetensi bakal calon Sekda akan dilaksanakan Rabu hingga Jumat (18/11/2016). Materi ujian meliputi kemampuan manejerial dan psikotes. “Pengumuman sudah kita lakukan sejak Senin sore. Ada satu orang yang tidak lolos yakni Drs Kaharuddin,” ujar Mahfud kepada wartawan di BKD, Selasa (15/11/2016).

Mahfud menjelaskan, salahsatu alasan utama Kaharuddin tidak lolos dalam seleksi administrasi bakal calon Sekda karena baru tercatat satu kali menduduki jabatan eselon II. Padahal sesuai persyaratan minimal dua kali. “Itu persyaratan utama yang sangat vital sekali,” katanya.

Disebutkannya, setidaknya ada tiga tahapan seleksi yang harus diikuti bakal calon Sekda. Tahapan terakhir yaitu presentasi dan wawancara. Panitia tidak akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and propertest) seperti seleksi lembaga ad hoc. Karena Pansel yang terdiri dari akademisi dan tokoh masyarakat memiliki teknik sendiri menelusuri rekam jejak (track record) bakal calon Sekda.

“Ada beberapa poin termasuk kemampuan manajerial. Tes di SMKN 3 Kota Bima oleh asesor. Asesor dari provinsi NTB. Begitu selesai bahan-bahan itu kita pak. Setelah itu, nanti di Mataram akan diperiksa,” katanya.

Sesuai lampiran pengumuman Nomor 009/Pansel JPTP-Kota Bima/XI/2016, sebanyak 12 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi bakal calon Sekda yakni Drs. H Muhiddin, MM, Dr. Ir H. Syamsuddin MS, Drs Zainuddin, Drs H Muhammad Fakhrunraji, ME, Ir H Sarafuddin, MM, Drs H Supratman, M.AP, Ir Zulkifli, M.Ap, Ir. Hj. Siti Zaenab, Drs H Azhari, M.Si, H Achmad Fathoni, SH, Drs H Sukri, M.Si, Drs H Muzakkir, M.Sc. (US)

No comments