Breaking News

Kantor Arsip Bantu Penataan Arsip SKPD Lain

Bimtek Pengelolaan Arsip yang Dilaksanakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima.


Kota Bima, Berita11.com— Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima membantu menata arsip Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain. Tahun 2016, kantor setempat menetapkan  empat satuan kerja sebagai contoh proyek (pilot project) pengelolaan arsip.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati, MH mengatakan, kantor setempat juga siap membantu menata arsip dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disducapil).

“Termasuk Disdukcapil kemarin mengharapkan tenaga di kia untuk mengelola arsip akte kematian, kelahiran dan lain-lain. Insya Allah kami akan membantu,” kata Sri Ratnawati kepada Berita11.com.

Diungkapkannya, beberapa instansi dan lembaga sudah dibantu oleh kantor setempat. Misalnya sejak tahun 2015 lalu, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima menata arsip penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima.

“Tanggungjawab kita sesuai Undang-Undang 43, lembaga kearsipan daerah memiliki tanggungjawab melaksanakan sosialisasi bagaimana tata kelola arsip yang baik.  KPU ini sudah mulai membawa arsip statisnya kepada kita. Jadi kita menyimpannya dengan baik,” katanya. (US/*)


No comments