Breaking News

Kantor Imigrasi Sumbawa Bidik Turis Liar

Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa, Syahrullah. Foto Ory Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Sumbawa terus berupaya meningkatkan standar pelayanan. Saat ini, salah satu fokus kantor setempat “membidik” turis asing yang menginap di berbagai hotel.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Sumbawa, Syahrullah menjelaskan, pengawasan terhadap turis asing yang menginap di hotel untuk memastikan warga negara asing yang datang sudah mengantungi dokumen lengkap sesuai Undang-Undang Keimigrasian Nomor 6 Tahun 2016.

“Pengontrolan terhadap tamu asing menjadi perhatian kami. Turis yang datang menginap 1x24 di berbagai hotel akan ditertibkan kembali sesuai Undang-Undang keimigrasian,” katanya kepada Berita11.com di Sumbawa, Jumat (12/11/2016).

Dikatakannya, fokus lain Kantor Imigrasi setempat menerapkan tertib administrasi atau dokumen syarat pembuatan paspor bagi masyarakat. selama ini tak jarang oknum masyarakat yang memalsukan umur dan tempat tinggal.

“Ini dalam rangka meneka gerakan para makelar dan juga menghilangkan pungutan liar yang dimainkan oknum staf,” katanya.

Dijelaskan Syahrullah, saat ini pelayanan dokumen imigrasi untuk warga di Pulau Sumbawa tidak hanya terfokus di Kantor Imigrasi Kabupaten Sumbawa, karena sudah ada Kantor Imigrasi Kelas III di Bima.

“Itu semua dalam rangka mendekatkan pelayanan terutama untuk masyarakat Bima dan Kabupaten Dompu. Meskipun belum memiliki alat untuk pembuatan paspor, tapi dalam waktu dekat sudah dapat melayanani itu,” katanya.

Syahrullah menambahkan, pada tahun 2017 mendatang Kantor Imigrasi Kabupaten Sumbawa bertekad meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.  “Tugas ini akan lebih mudah sebab tugas pelayanan masyarakat berkurang dari semula empat wilayah, kini menjadi dua wilayah saja,” katanya. (SK)



No comments