Breaking News

KPP Gelar Kemah Budaya di Parado

Penyematan Pin Kepada Instruktur Kemah Budaya.


Bima, Berita11.com— Komunitas Pramuka Peduli menggelar kemah budaya di Pondok Pesantren Al-Khairyah Desa Kuta Kecamatan Parado‎,  25-27 November 2016. Kegiatan tersebut dibuka oleh  Camat Parado  Burhanuddin‎, S.Sos. ‎

Burhanuddin berharap kegiatan kemah budaya menjadi media pembelajaran bagi peserta sehingga bisa meningkatkan kompetensi seni membaca puisi, menulis kreatif, seni lukis, maupun teater.

“Belajarlah sungguh-sungguh agar memahami seni dan budaya lebih baik,” pinta Burhanuddin kepada peserta.

Menurutnya, dengan belajar dan memahami seni dan budaya, peserta  akan memiliki karakter yang baik. Karena seni itu penuh tata krama, kesopanan dan saling menghargai.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Ranting Parado ini juga juga menyematkan pin peduli kepada enam Instruktur dari Dewan Kesenian Kota Bima, Husain La Odet, Syumardi S, ‎Eci, Maulana dan Asikin.

Instruktur seni puisi, Husain La Odet  mengatakan kegiatan kemah budaya yang dilaksanakan Komunitas Pramuka Peduli sangat luar biasa. Peserta dirangsang jiwanya melalui kegiatan seni dan budaya.

“Proses kreatif yang diberikan seperti menulis kreatif, menulis puisi, melukis, seni taater dan seni tari membuka pengalaman baru adik-adik Pramuka dalam berproses,” katanya.

Koordinator Komunitas Pramuka Peduli,  Arief Rachman, menjelaskan kegiatan kemah budaya, belajar seni dan budaya adalah kegiatan kemah perdana Komunitas Pramuka Peduli.

“Saya ingin memberi kesan berkemah bukanlah ganti tempat tidur. Dari tidur di rumah pindah tidur di tenda‎,”  katanya.

Menurutnya, kemah budaya akan memberikan model pemahaman baru bagi anggota Pramuka. Harapannya, peserta tak sekadar belajar teori, tetapi memperoleh pembelajaran proses kreatif hingga menghasilkan karya kreatif berupa seni puisi, tulisan kreatif, teater dan karya lain. 

“Komunitas Pramuka Peduli ingin mengembalikan roh berkemah, belajar bersama alam, mencintai dan memahami seni dan budaya dalam situasi ‎yang gembira, keren dan asyik,” pungkas Arief. (PJ)



No comments