Breaking News

Mau jadi Pemimpin di Sekolah? Jangan hanya Bernafsu Cari Untung dari BOS!

Wabup Dahlan Mengingatkan 200 Peserta Tes Cakep



Bima, Berita11.com— Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer mengingatkan ratusan guru yang mengikuti seleksi calon kepala sekolah (Cakep) agar tidak hanya bermodal gairah menjadi pemimpin di sekolah, tetapi memperhatikan tiga hal. Apa saja?

Dahlan menyebutkan, tiga prinsip yang harus diperhatikan Cakep yakni kompetensi, integritas dan gotong royong. Salah satu impelementasinya kepala sekolah harus mampu mewujudkan transparansi dalam pengelolaan Biaya Operasional Sekolah (BOS).

“Karena itu integritas perlu ditanamkan dari hati!  Jangan hanya menjadi kepala sekolah karena orientasi untuk mengelola dana BOS, tetapi mutu pendidikan yang harus diutamakan,” kata Dahlan mengingatkan Cakep seperti yang dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma AP.

Menurut Dahlan, kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai pemimpin tetapi juga sebagai pendidik, sehingga mampu memacu prestasi siswa melalui pembelajaran yang berkualitas di sekolah. Caranya dengan meningkatkan kompetensi mengajar dan praktik pendidikan. 

Dikatakannya,  peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan  harus terus didorong untuk mengubah karakter manusia di Kabupaten Bima. Untuk itu,  tindakan kepala sekolah  harus menunjukkan orang yang berpendidikan dan pendidik profesional secara normatif harus taat aturan. Artinya, kepala sekolah  harus menjadi penggerak dan motivator di lingkungan sekolah.  (AN)

No comments