Breaking News

Pasca Kasus WNA Malaysia, Discapil Sumbawa Tingkatkan Ketelitian

Kepala Discapil Kabupaten Sumbawa, Ir. Julkifli. Foto Ori Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapil) Kabupaten Sumbawa berkomitmen akan meningkatkan ketelitian dalam menerbitkan dokumen kependudukan, pasca kasus Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia memiliki kartu keluarga (KK) dan KTP Kabupaten Sumbawa.

Kepala Discapil Kabupaten Sumbawa, Ir Julkifli tidak menampik adanya kecolongan penerbitan KK dan KTP WNA asal Malaysia. Namun proses penerbitan dokumen kependudukan dilakukan SKPD setempat setelah WNA itu melampirkan dokumen surat pindah yang sah dari dinas terkait di Kabupaten Dompu.



Sebelumnya, WNA asal Malaysia itu sudah enam tahun berada di Indonesia, tetapi belum menjadi warga negara Indonesia. Selama ini, hanya mengantungi tanda penduduk Malaysia dan tidak memiliki dokumen tinggal lain.

Menurut Julkifli, Discapil Kabupaten Sumbawa bisa menerbitkan dokumen kependudukan Hidayu karena berdasarkan dokumen yang dilampirkan WNA itu yaitu berupa dokumen surat pindah dari wilayah Dompu. Persoalan fisik WNA asal Malaysia itu membuat petugas Discapil tidak curiga terhadap warga itu.

Dikatakannya, pokok permasalahan pemalsuan dokumen itu terjadi di Kabupaten Dompu. 
“Pasalnya kenapa bisa terbit dukumen pindah. Ini sama saja ada pemalsuan data, sedangkan yang bersangkutan tidak memilki dukumen atau indetitas tinggal yang lengkap selama ini,” katanya di Sumbawa, Jumat (26/11/2016).

Menyusul persoalan tersebut, Discapil Kabupaten Sumbawa akan meningkatkan ketelitian terhadap pengajuan permohonan dokumen kependudukan. “Masalah ini akan kami jadikan  pengalaman  biar tidak terulang. Ke depan  kami akan meningkatkan kinerja dan pembenahan utamanya di Seksi Pendaftaran Dukumen. Cara lain yang di lakukan adalah akan melayangkan surat,” isyaratnya.

Sebelumnya WNA asal Malaysia itu datang ke Indonesia dan tinggal di Pulau Sumbawa karena mengikuti suaminya yang merupakan WNI. (SK)

No comments