Breaking News

Pemdes Darussalam Kebut Pelaksanaan Program APBDes Perubahan

Bendahara Desa Darussalam, Imran. Foto Hamid


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima akan mempercepat pelaksanaan program dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Perubahan 2016. Realisasi program direncanakan tuntas dalam waktu satu bulan terakhir.

“Besok sudah mulai pengadaan material dan bahan untuk program fisik yang belum tuntas. Pelaksanaan kita kejar karena sudah akhir tahun,” kata Bendahara Desa Darussalam, Imran kepada Berita11.com di kantor desa setempat, Rabu (30/11/2016).

Ia mengatakan untuk mengefisiensikan waktu, pengerjaan program fisik desa akan dilakukan secara serentak. Beberapa proyek fisik yang dikebut seperti talut air pasang, gorong-gorong, pagar permanen pemukiman warga, pembangunan kantor BPD dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

“Misalnya talut makan waktu 7 hari. Kemudian RTLH 10 unit paling 7 hari juga. Kita kondisikan pekerja fokus sehingga tuntas dalam bulan ini dari anggaran termin kedua. Dengan sisa anggaran Rp250 juta,” jelas Imran.

Selain itu bantuan bibit nener yang termasuk dalam program pemberdayaan masyarakat juga akan segera dituntaskan. Saat ini pemerintah desa sedang menunggu tambahan kelompok penerima manfaat.

“Kami sedang menunggu penambahan. Yang ada hanya 10 kelompok yang sudah mengajukan. Sesuai rencana kepala desa, satu anggota memperoleh 1000 ekor nener. Karena tambak warga masih banyak yang membutuhkan” ujarnya.

Ia menambahkan pada bulan Desember pemerintah desa juga akan mengebut penuntasan penyusunan perencanaan program untuk tahun 2017 mendatang. “Bulan depan kita akan selesaikan penyusunan program. 10 hari bulan Desember sudah tuntas semua,” tandasnya. (ID/*)

No comments