Breaking News

Rakerda Perdana, ini Program Kerja Forkom PP PTS Bima Dompu

Pimpinan Perguruan Tinggi di Bima dan Dompu Foto Bersama saat Rakerda Forkom PP PTS


Bima, Berita11.com— Forum Komunikasi Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (Forkom) PP PTS Bima-Dompu menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) pertama, di kampus AKBID Surya Mandiri, Rabu (9/11/2016). Rakerda melahirkan sejumlah program kerja bidang internal dan eksternal.

Rakerda diikuti  Ketua, Direktur, Wakil Ketua dan Wakil Direktur  STKIP Bima,STISIP Mbojo, STIE Bima, STIH Muhamdiyah Bima, STKIP Taman Siswa, STKIP Yapis Dompu, AKBID Harapan Bunda dan AKBID  SURYA MANDIRI sebagai tuan rumah.

Sejumlah usulan program kerja yang bergulir dalam Rakerda yaitu, pada bidang internal leadership talk, teaching leader, visiting on best practice managemen, peningkatan kegiatan pembelajaran bagi dosen seperti pelatihan pekerti, pelatihan buku ajar selama November hingga Desember 2016.

Selain itu, melaksanakan kegiatan pelatihan penyusunan kurikulum yang disesuaikan dengan standar nasional Dikti berbasis KKNI. Usulan lain yakni melaksanakan kegiatan ddpelatihan strategis  pengisian portofolio sertifikasi dosen, meningkatkan workshop bagi dosen dalam meningkatkan kompetensi penelitian.

Pada bidang eksternal, Rakerda Forkom PP PTS Bima-Dompu melahirkan usulan membangun kemitraan dengan lembaga pemerintah dan legislatif, dan membangun kemitraan dengan lembaga TNI, POlri, BUMN, Perusahaan Daerah dan masyarakat sipil serta membangun kemitraan dengan media massa cetak dan elektronik.

Ketua Presedium FORKOM PP PTS Bima-Dompu, Dr Ibnu Khaldun, M.Si, menjelaskan, setelah Rakerda, forum akan  lebih fokus meningkatkan kapasitas pembelajaran bagi dosen Bima Dompu.

“Program yang tertuang dalam rumusan Rakerda akan menjadi acuan pimpinan PTS untuk lebih bersinergi membangun jaringan dengan stake holder,” katanya.
Pada saat Rakerda, para pimpinan PTS pun sudah berkomitmen untuk membangun kerjasama yang lebih berkualitas dengan pimpinan lembaga kemahasiswaan seperti kegiatan pelatihan ketrampilan manajemen mahasiswa.

Rakerda pertama dan bersejerah bagi perjalanan percepatan penguatan tata kelola PTS Bima Dompu, sehat bermutu dan berdaya saing menuju PTS Bima Dompu sehat bermutu yang berdaya saing,” ujar Ibnu.

Sebelumnya, Forkom PP PTS Bima Dompu berdiri sejak tahun 2014. Namun mulai aktif pada tahun 2015 atas inisiatif PTS yang ada di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Kehadiran forum disandarkan sebagai wadah yang penting dan strategis untuk mewujudkan tujuan silaturahmi pikiran dan tempat berbagai persoalan yang dihadapi PTS. Dasar pembentukan Forkom PP PTS Bima Dompu yaitu Surat Keputusan bersama para pimpinan PTS di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. (US)

No comments