Breaking News

Rostiati Dahlan: Terus Mencoba, Kunci Sukses Wirausaha

Foto Bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bima Bersama Peserta Pelatihan. 


Bima, Berita11.com— Salah satu kunci kesuksesan dalam meniti wirausaha adalah rasa ingin tahu yang besar untuk terus mencoba dan memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga mendapatkan hasil yang baik. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Rostiati Dahlan, S.Pd saat pelatihan berbasis kompetensi di UPT LLK Dinas Tenaga Kerja Jatiwangi, Rabu (23/11/2016).
  
Ia mengingatkan, banyak upaya yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan berwirausaha. Misalnya bagi peserta perempuan,  dalam membuat kue untuk mendapatkan resep  terbaik maka harus melakukan beberapakali usaha. Demikian halnya ketika membuka bengkel reparasi kendaraan bermotor, seorang teknisi harus terus-menerus melakukan peningkatan kemampuan diri.
      
Rostiati memaparkan Pemerintah Daerah melalui instansi teknis seperti Dinas Tenaga Kerja terus berupaya meningkatkan keterampilan para pencari kerja agar mampu bersaing dalam menciptakan dan memasuki dunia kerja.  

“Untuk membuka usaha, perlu ditanamkan rasa percaya diri. Untuk percaya diri tidak hanya memerlukan kemampuan teknis tetapi juga kemauan, kerja keras dan terus-menerus untuk belajar baik melalui jalur formal maupun jalur nonformal,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma, AP.

Menurut Rostiati, untuk membuka kegiatan usaha diperlukan keterampilan khusus yang berbeda dari jalur formal. Misalnya untuk membangun bengkel dan usaha makanan dan beberapa jenis usaha lainnya yang penting dibangun dalam masyarakat adalah usaha untuk berbuat baik.

Selain itu seseorang harus menanamkan kepedulian di dalam dirinya dan memulai dari hal-hal yang kecil. “Contohnya, ketika di hadapan  kita ada sampah, maka harus membersihkannya dan jangan menganggap ada petugas yang mengerjakan,” jelasnya.

Aspek lain yang perlu diperhatikan ujar wanita yang juga berprofesi sebagai guru ini, seorang wirausah perlu membangun hubungan baik melalui silaturahmi dan bersosialisasi. “Kalau bisa bersosialisasi dengan baik, maka  kita akan berbakat menjadi pemimpin dan membuka peluang usaha,” katanya.   

Rostiati berharap, peseta pelatihan menularkan motivasi dan ilmu positif bagi masyarakat melalui keterampilan yang dimiliki. Pelatihan dan kursus yang diikuti peserta merupakan salah satu cara membangun kepercayaan dari diri sebelum memulai kegiatan usaha.

“Makanya, meskipun kadang terasa berat untuk memulainya, tetapi kalau sudah berhasil melawan rasa malu dan bekerja keras serta pantang menyerah maka kesuksesan akan dapat diraih,” katanya.

Pelatihan Berbasis Kompetensi yang digelar oleh Pemkab Bima merupakan kegiatan dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) NonFisik Kementerian Tenaga Kerja RI Angkatan VII Rabu (23/11) di UPT LLK Dinas Tenaga Kerja Jatiwangi. Kegiatan diikuti 80 peserta yang terdiri dari 31 peserta wanita dan 49 laki-laki. (AN)  

No comments