Breaking News

Sebagian Kampus Punya Komitmen Dorong Literasi

Mahasiswa Akbid Harapan Bunda saat Berkunjung ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima


Kota Bima, Berita11.com— Dari sejumlah perguruan tinggi yang beroperasi di Bima, hanya sebagian kampus yang memiliki komitmen mendorong literasi. Hal itu juga dilihat dalam nota kesepahaman (momerandum of understanding/MoU) antara Kantor Arsip dan Perpustakaan dengan sejumlah kampus.

Kepala Kantor Arsip dan Perpusatakaan Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati, MH, menyebutkan beberapa kampus yang memiliki komitmen mendorong angka literasi yaitu seperti Akbid Harapan Bunda dan STKIP Bima.

Secara rutin, 35-50 mahasiswa Akbid Harapan Bunda mengunjungi Kantor Arsip dan Perpusatakaan. “Kami ada MoU juga dengan kampus. Harapan kita dosen atau pihak kampus setiap ada diskusi juga bisa mengarahkan mahasiswanya ke Kantor Arsip dan Perpustakaan karena literatur di sini lebih lengkap,” ujar Ratnawati kepada Berita11.com di Kantor Arsip dan Perpustakaan.

Diakuinya, selain membuat MoU dengan kampus, kantor setempat juga berkomitmen mendorong literasi pada kalangan pelajar mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). “Kebetulan program sekolah-sekolah sekarang ini mulai mendorong literasi. 15 menit sebelum memulai pelajar itu diharuskan membaca. Kami terus berupaya mendorong melalui kegiatan kunjungan ke sekolah dan sosialisasi,” ujarnya.

Sri Ratnawati menambahkan, beberapa tahun terakhir angka kunjungan ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima meningkat. Secara bertahap kantor setempat terus berupaya meningkatkan kualitas layanan. Termasuk dengan menyiapkan free wifi yang memiliki kecepatan lebih baik.

“Itu semua bagian dari inovasi kami untuk meningkatkan layanan. Itu sampai malam, setiap hari pengunjung dari kalangan pelajar dan mahasiswa ramai,” katanya. (US/*)

No comments