Breaking News

SMKN 2 Kota Bima Sambut Positif Moratorium UN

Simulasi UNBK yang Diikuti SIswa SMKN 2 Kota Bima. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Bima menyambut positif keputusan pemerintah menghentikan (moratorium) Ujian Nasional (UN). Keputusan itu tepat agar penggunaan anggaran lebih efektif.

Wakil Kepala SMKN 2 Kota Bima, Faturrahman, S.Pd mengatakan, kendati sudah sering melaksanakan simulasi UNBK dan berbagai persiapan lain, sekolah setempat menyambut positif penghentian UN.

“Ini keputusan yang tepat, walaupun kita sudah mengeluarkan biaya untuk kegiatan simulasi dan lain-lain. Hanya saja yang kasihan sekolah yang dari nol menyiapkan UNBK. Tapi ini positif,” katanya kepada Berita11.com di SMKN 2, Sabtu (26/11/2016).

Menurut Faturrahman, peralatan komputer dan jarigannya yang sebelumnya digunakan untuk simulasi dan UNBK bisa saja dialihkan untuk ujian semester lokal berbasis komputer mirip sistem Computer Assisted Test (CAT). Sekolah tinggal mengatur jadwal dan sesi ujian lokal.

“Bisa dialihkan untuk ujian lokal berbasis jaringan lokal. Tapi tentu saja dibagi banyak sesi karena bagaimanapun cukup banyak siswa dari kelas 1 sampai kelas 3. Itu dengan catatan mungkin hanya beberapa sekolah yang siap melaksanakan itu,” katanya.

Dikatakannya, moratorium UN lebih tepat karena akan menghemat anggaran pelaksanaan UN yang mesti dikeluarkan pemerintah selama ini. “Apalagi sudah beberapa tahun ini penentuan kelulusan itu diserahkan kepada sekolah. Sehingga UNBK kemarin itu hanya mengukur kemampuan dan memetakkan nilai siswa yang dibagi per wilayah. Hasilnya sama saja, sehingga lebih efektif dihapus,” katanya.


Ditambahkannya, anggaran yang banyak dihabiskan untuk persiapan dan pelaksanaan UNBK selama ini lebih baik dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih dibutuhkan oleh sekolah. (US)

No comments