Breaking News

SMKN 7 Dorong Siswa Belajar Wirausaha Melalui Prakerin

Kepala SMKN 7 Kabupaten Bima, Ir Arif. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Era perekonomian global menuntut masyarakat berinovasi dan memaksimalkan potensi. Tantangan itulah yang memicu SMK Negeri 7 Bima Kecamatan Soromandi berupaya mendorong siswa untuk membuka peluang usaha secara mandiri. Salah satunya melalui pengalaman praktik kerja industri (Prakerin).

“Moto SMK kan siap kerja. Jadi selain dapat bekerja pada industri, juga yang paling utama bisa membuka peluang sendiri dengan berwirausaha. Jadi apa yang siswa dapat bisa dijadikan bekal,” kata Kepala SMKN 7 Bima, Ir. Arif kepada Berita11.com di sekolah setempat, Senin (14/11/2016).

Ia menuturkan sesuai dengan latar belakang bidang, 35 orang siswa yang mengikuti program ditempatkan di wilayah kecamatan Bolo, Woha dan Madapangga. Siswa ditekankan agar lebih serius mengikuti prakerin. Menurut Arif hasil dari kegiatan tersebut dapat menjadi modal penting siswa setelah menyelesaikan pendidikan.

“Yang peternakan lokasinya di kandang-kandang pembudidayaan unggas. Kemudian pertanian pada pengembang bibit dan benih. Nanti mereka sudah siap mau melakukan apa setelah keluar sekolah,” ujarnya.

Meski fokus dalam hal pemberdayaan, SMK juga berencana mengembangkan produk pertanian dan peternakan ramah lingkungan. Menurut Arif sebagai daerah dengan potensi agraris, Kabupaten Bima mestinya dapat menghasilkan produk pendukung pertanian secara mandiri.

“Arah kita ke sana. Harusnya kita malu sebagai daerah agraris. Sementara alat, pupuk dan obat-obat pertanian berasal dari luar. Padahal SMK bisa membuat dan mengembangkan produk serupa,” katanya.

Saat ini siswa SMK setempat sedang merampungkan laporan lapangan. Berdasarkan hasil laporan, sekolah akan melakukan pengkajian untuk mengukur sasaran dan tingkat keberhasilan program. “Kita sedang kumpulkan laporan. Dari hasil laporan kita akan tahu tingkat keberhasilan prekerin,” katanya. (ID)

No comments