Breaking News

STKIP Taman Siswa Kenalkan Bahasa Inggris kepada Ratusan Siswa

Pendidikan Karakter adalah Salahsatu Fokus STKIP Taman Siswa Bima. Ilustrasi


Bima, Berita11.com— Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima memiliki komitmen kuat terhadap pembangunan daerah terutama pada bidang pendidikan.  Saat ini kampus setempat sedang melaksanakan kegiatan bertajuk English Safari.

Pembina English Safari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima, Fathurahman, menjelaskan, English Safari merupakan salahsatu program pengabdian dalam masyarakat yang dilaksanakan kampus STKIP Taman Siswa Bima. Sasaran utama program tersebut yakni siswa SD kelas I-VI. Mereka diajarkan bahasa Inggris secara dini dengan konsep belajar sambil bermain.

“Jadi benda-benda di sekitar mereka. Misalnya ketika melihat sapi bahasa Inggrisnya itu apa? Jadi itu dikembangkan termasuk buah-buahan dan pekerjaan. Dibikin menyenangkan, targetnya siswa mengenal bahasa Inggris secara dini,” ujar Faturahman kepada Berita11.com di STKIP Taman Siswa Bima, Selasa (15/11/2016).

Dijelaskannya, English Safari sudah tiga kali dilaksanakan yang dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Yasin Woro. Target STKIP Taman Siswa Bima yaitu sekolah yang kurang perhatian dan kurang peminat. Tujuannya meningkatkan minat masyarakat terhadap sekolah sasaran. “Yang kedua MIS Dore, yang ketiga MIS Roka. Target kami sekolah-sekolah yang kurang diperhatikan. Ini sudah masuk tahun ketiga,” katanya.

Menurut Fathurahman, respon masyarakat terhadap program tersebut sangat baik. Hal itu dilihat dari antusias siswa mengikuti program. Pada awal program diikuti 50 siswa MIS Yasin Woro dan tahun ini diikuti 182 siswa MIS Roka.

Pada bagian yang sama, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, M.Si menjelaskan program English Safari merupakan salahsatu bentuk komitmen kampus setempat membangun gerakan-gerakan pengabdian secara sukarela dalam masyarakat. program-program pengabdian yang diluncurkan kampus setempat diharapkan menjadi energi positif bagi pembangunan daerah.

Sebelumnya, STKIP Taman Siwa Bima juga melaksanakan berbagai program seperti pelatihan administrasi, teknologi informasi (IT) untuk sejumlah desa. “terus kita kembangkan bahkan kita ingin menjadi masyarakat untuk melek IT terutama untuk di tinkat pendidikan.

English Safari yang sengaja digagas oleh dosen pembimbing Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima. Ide besar itu juga karena Bima dan NTB pada umumnya masuk dalam zona rendah literasi, sejajar dengan daerah tertinggal Provinsi  NTT NTB, Maluku dan Papua. (US)

No comments