Breaking News

Tak Ada Dokter yang Melayani Pasien di Puskesmas ini

Sekretaris Dikes Kabupaten Sumbawa, Junaedi, M.Si. Foto Ori Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Jika di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat pasien kadang dilayani oleh dokter yang bertugas di unit layanan. Namun berbeda dengan yang terjadi di PKM Orong Telu Kabupaten Sumbawa.  Karena tidak ada dokter yang akan melayani pasien di PKM tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaedi, M.Si menyebutkan, kekosongan tenaga dokter itu terjadi sejak beberapa bulan lalu. Hal itu terjadi karena dokter yang sebelumnya bertugas di PKM Orong Telu telah habis masa kontrak. Sebelumnya, pemerintah mengontrak seorang dokter sebagai pegawai tidak tetap bertugas di PKM Orong Telu.

“Dokter PTT tersebut berakhir masa kontraknya dan tidak memperpanjang masa kontrak karena melanjutkan  sekolah kedokteran, sehingga terjadi kekosongan dokter di sana,” ujar Junaedi kepada Berita11.com di Sumbawa, Selasa (22/11/2016).

Dikatakannya, untuk mengatasi persoalan di PKM Orong Telu, Dikes Kabupaten Sumbawa menugaskan dokter dari PKM terdekat untuk mengatur jadwal melayani masyarakat di wilayah itu.

“Mengisinya dengan cara mengatur jadwal secara bergilir sehingga di Orong Telu tetap terisi dan terlayani dengan dokter walaupun tidak dilakukan dengan maksimal,” katanya.

Junaedi mengaku, Dikes sudah melaporkan kekosongan dokter di PKM Orong Telu kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa. “Mudah-mudahan  dalam waktu dekat pihak pemerintah daerah dapat  mendatangkan tenaga dokter  sehingga pelayanan kesehatan masyarakat dapat berjalan dengan maksimal,” harapnya. (SK)

No comments