Breaking News

Tambah Tiga RKB, SDN Bajo Tunggu Realisasi DAK

Kepala SDN Bajo, Hasan, S.Ag. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— SDN Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima berencana menambah tiga ruang kelas baru (RKB) untuk memenuhi kapasitas rombongan belajar. Saat ini sekolah setempat sedang menunggu realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala SDN Bajo, Muhammad Hasan S. Ag mengatakan upaya penambahan RKB masih dalam proses. Terhitung sudah empat kali sekolah diverifikasi oleh tim dari SMKN 2 Bima. Selain RKB, bantuan DAK juga diperuntukkan bagi rehabilitasi sedang dua ruangan dan pembangunan untuk satu sanitasi.

“Bagian depan kan mau roboh. Kemarin sekolah sudah diverifikasi sampai empat kali. Sekarang sedang dalam proses,” katanya kepada Berita11.com disekolah setempat, Selasa (22/11/2016).

Menurut Hasan penambahan RKB mendesak dilakukan karena jumlah siswa sudah tidak ideal dengan ruang kelas yang tersedia. Ditambah kerusakan bangunan yang semakin parah. Sehingga menghambat aktivitas belajar siswa.

“Ruang kelas kita cuma lima. Rasio rombongan belajar dan kelas tidak seimbang. Dua kelas kita pakai ruang pertemuan. Jadi kita butuh 3 lokal,”

Di samping itu, sekolah setempat juga telah melakukan koreksi data pokok pendidikan (Dapodik) agar lolos dan ditetapkan sebagai sekolah penerima bantuan melalui surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima.

“Proyek DAK ditujukan untuk empat sekolah dasar di Kabupaten Bima yang merupakan jatah tambahan. Mudah-mudahan kita doakan kita dapat,” katanya. (ID)

No comments