Breaking News

Belajar Jurnalistik itu Menyenangkan…

Siswa Serius Mengikuti Bimbingan Teknik Mengambil Gambar dengan Smartphone




Kota Bima, Berita11.com— Belajar jurnalistik  menyenangkan. Itu adalah pendapat sejumlah pelajar dari SMA/SMK dan MA di Kota dan Kabupaten Bima yang mengikuti NgAJI jurnalistik yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram, Sabtu (10/12/2016) di SMKN 3 Kota Bima.

Puluhan siswa yang mengikuti NgAJI jurnalistik antusias menyimak setiap materi yang dipaparkan narasumber, terutama ketika sesi praktik pengambilan foto, video dan teknik wawancara.

“Melalui pelatihan kita bisa tahu tentang jurnalis dan bisa menulis,” ujar Putra, pelajar asal Kabupaten Bima.

Antusiasme peserta juga dilihat dari kehadiran sejumlah guru pendamping menyimak materi yang disampaikan narasumber. Sejumlah sekolah bahkan berharap pelatihan jurnalistik rutin dilaksanakan. Sejumlah sekolah terjauh yang mengikuti pelatihan di SMKN 3 Kota Bima seperti SMAN 1 Ambalawi, SMAN 1 Bolo, SMAN 1 Belo.

Ketua Panitia NgAJI Jurnalistik, Ikra Hardiansyah mengisyaratkan, setelah kegiatan tersebut. AJI Mataram Biro Bima menggelar kegiatan yang sama dengan tajuk NgAJI Jurnalistik Juz 2. Sasarannya tidak hanya pelajar, namun juga guru. Karena saat ini materi jurnalistik juga disisipkan dalam pelajaran di sekolah.

“Kami melihat kegiatan ini sukses. Antusias siswa luar biasa dan rata-rata pintar, cepat respon apa yang disampaikan. Cara pengambilan gambar oleh siswa juga sudah cukup bagus,” katanya.

Menurut Ikra, AJI Mataram Biro Bima siap membantu sekolah yang ingin meningkatkan kompetensi bidang jurnalistik. Walaupun profesi jurnalis tidak berhubungan langsung dengan pelajar, namun teknik menulis dan wawancara yang disampaikan saat pelatihan bisa menjadi modal dasar bagi siswa ketika melanjutkan kuliah. Apalagi di tengah upaya Indonesia meningkatkan angka literasi.

Materi pelatihan jurnalistik disampaikan oleh Ketua AJI Mataram, Fitri Rachmawati, anggota AJI Mataram Biro Bima, Fachrunnas, Sofiyan Asy’ari, dan Ikra Hardiansyah. Materi pelatian termasuk teknik mengambil gambar yang baik, teknik reportase, pengetahuan dasar jurnalistik. (US)





No comments