Breaking News

Bidikan Satgas Pungli bikin Bidan Nakal Keder, Alkon Tetap Gratis

Anhar SH. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Instruksi Presiden RI membentuk Satuan tugas (Satgas) sapu bersih pungutan liar (Pungli) hingga daerah membawa banyak hasil positif. Setelah gedang perang terhadap Pungli ditabuh, bidan nakal yang memanfaatkan alat kontrasepsi (Alkon) gratis untuk meraup keuntungan mulai keder.

Kepala Sub-Bidang Pencatatan dan Pelaporan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bima, Anhar, SH mengatakan, indikasi praktik bidan nakal yang menarik keuntungan terhadap Alkon gratis masih ditemukan di Kota Bima. 

Namun sejak sejak Presiden Jokowi menginstruksikan perang terhadap Pungli, banyak bidan yang keder menarik biaya.

“Kita berikan kepada masyarakat. kalau dulu masih ada bidan yang nakal, tapi sejak ada perang terhadap Pungli mereka tidak berani lagi,” katanya kepada Berita11.com di BPPKB Kota Bima, Kamis (1/11/2016).

Diungkapkan Anhar, harga sebagian jenis Alkon cukup mahal misalnya untuk satu set implan mencapai Rp300 lebih. Namun sudah digratiskan oleh pemerintah. “Alat itu kita berikan Cuma-Cuma kepada masyarakat. memang tidak semua daerah itu gratis seperti di Jakarta, Sumatera. Tapi di sini kita berikan kepada masyarakat secara gratis,” ujarnya.

Menurutnya, program Keluarga Berencana di Kota Bima termasuk kategori berhasil. Hal itu juga tergambar dari penghargaan yang diterima oleh Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin saat hari keluarga nasional (Harganas) beberapa bulan lalu di Kupang. Capaian angka KB 92,5 persen dari target yang ditetapkan BKKBN sebanayak 3.268 dari pasangan usia subur (PUS), sedangkan capaian KB aktif 82,78 dari 28.101 pasangan usia subur. (US)

No comments