Breaking News

Empat TKI Ilegal Asal Sumbawa Dideportasi KBRI Arab Saudi

Ilustrsi/ Foto Inilah.com


Sumbawa, Berita11.com— Pada Desember 2016 Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Arab Saudi mendeportasi sedikitnya empat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Kabupaten Sumbawa.

Kepala Bidang Penataan tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa, Zainal Arifin, SPt mengatakan, empat TKI ilegal yang dideportasi merupakan pembantu rumah tangga yang kabur dari majikannya karena mendapat perlakuan buruk dan tidak diberikan gaji.

“Ada empat orang tenaga kerja kita dideportasi karena tidak memiliki dokumen pendukung,” katanya  kepada Berita11.com di Sumbawa, Jumat (23/12/2016).

Zainal menyebut dua dari empat TKI ilegal berasal dari Kecamatan Alas, sisanya dari Kecamatan Moyo dan Kecamatan Empang. Empat TKI ilegal yang dideportasi itu dalam kondisi sakit.

Menurut dia, pemerintah tidak dapat memberikan jaminan apapun terhadap empat TKI  itu karena berstatus tenaga kerja ilegal tanpa disertai dokumen resmi. Empat TKI itu berangkat melalui perusahaan tidak resmi yang belum terdaftar di Disnakertrans.

Zainal menyayangkan masih banyaknya warga Kabupaten Sumbawa yang memilih jalan pintas bekerja di luar negeri dengan menjadi TKI ilegal. Menggunakan jasa calo, sehingga mengabaikan dokumen pendukung. Padahal keselamatan dan kenyamanan bekerja tidak terjamin karena statusnya ilegal. (SK)

No comments