Breaking News

Jika Ingin Kota Bima Maju, Minat Baca juga Harus Didorong

Aktivitas Pengunjung di Perpustakaan Kota Bima. Foto US


Kota Bima, Berita11.com— Maju atau makmur tidaknya masyarakat sebuah daerah tidak hanya dilihat dari kemampuan masyarakat memenuhi kebutuhan dasar seperti mencukupi kebutuhan makanan, tetapi dilihat dari kualitas sumber daya manusia (SDM).

Nah, untuk mendorong indeks pembangunan manusia, Pemerintah Kota Bima perlu mendorong minat baca pada masyarakat. hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati, MH.


Baca Juga:


“Minat baca perlu didorong untuk mencapai visi-misi pemerintah kota ini menyejahterahkan masyarakat. karena  menyejahterahkan masyarakat itu buka saja dalam arti masyarakat kenyang, tapi juga perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia. Mewujudkan masyarakat pintar untuk meraih kesejahteraan,” katanya kepada Berita11.com di Kantor 
Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, Jumat (2/12/2016).

Menurut Ratnawati, upaya mendorong kualitas sumber daya manusia atau masyarakat sejalan dengan yang tertuang dalam Undang-Undang 1945. Salahsatu amanatnya mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu mesti menjadi ihtiar bersama termasuk pemerintah daerah.  

“Seharusnya bagaimana Kota Bima ini mencerminkan yang berkarakter.Baik berpendidikan, karena harusnya visi-misi kota pelajar karena banyak perguruan tinggi di sini maka perlu diwujudkan mendorong minat baca,” katanya.

Dikatannya, minat baca masyarakat terutama kalangan pelajar mencerminkan kualitas SDM ke depan.  Upaya mendorong minat tersebut juga erat kaitannya dengan upaya mendongkrak kualitas indeks pembangunan manusia (IPM).

Diakui Ratnawati, untuk mewujudkan berbagai target itu, beberapa upaya telah dilakukan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, seperti membenahi kualitas layanan di kantor, melaksanakan pelayanan perpustakaan keliling, penyaluran bantuan bahan bacaan untuk komunitas di masyarakat dan pemerintah kelurahan. Upaya lain yaitu dengan menggelar sejumlah lomba rutin untuk pelajar mulai dari level TK hingga SMA.

Hanya saja upaya itu tak akan optimal tanpa support dan kerjasama antarsektor. Mestinya upaya mendorong kualitas SDM atau IPM mesti menjadi isu bersama SKPD terkait maupun lembaga yang ada dalam masyarakat.

Menurut Ratnawati, jika sebuah program dikroyok bersama, maka outputnya akan maksimal. Misalnya dalam upaya mendorong minat baca pada tingkat kelurahan, Dinas Dikpora bisa terlibat dengan Tupoksinya, maupun Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam bisa hadir dengan Tupoksi atau aspek upaya pengentasan kemiskinan.

Diungkapkannya, sebelumnya Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima sudah mengusulkan kepada Pemerintah Kota Bima agar mewajibkan seluruh pejabat dan pegawai SKPD  menjadi anggota perpustakaan. Kebijakan itu bisa replikasi untuk masyarakat sehingga mendorong minat baca. Muara akhirnya tentu saja dalam mendorong kualitas SDM dan IPM (human development index) Kota Bima menjadi lebih baik.  (US/*)

No comments