Breaking News

Mahasiswa STKIP Bima Kunjungi Kantor Arsip dan Perpustakaan

Aktivitas Mahasiswa STKIP Bima saat Berkunjung ke Perpustakaan Kota Bima. Foto US


Kota Bima, Berita11.com— Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima mengunjungi Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima di jalan Suku Monggonao Kota Bima, Jumat (2/12/2016) pagi. Mereka didampingi dosen pembimbing.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati, MH mengatakan, kunjungan mahasiswa merupakan kegiatan rutin setelah beberapa kampus termasuk STKIP Bima membuat komitmen atau nota kesepahaman (MoU) dengan SKPD setempat. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca pada kalangan mahasiswa dan mendukung kegiatan akademik.

“Kegiatan ini kita genjot akhir tahun ini terutama mulai November dan Desember dan ini sudah enam hingga tujuh kali kunjungan. Bukan lagi setiap bulan tapi setiap pekan. Jumlahnya mencapai 30 sampai 50 orang mahasiswa,” ujar Sri Ratnawati kepada Berita11.com di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima.

Dikatakannya, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk memuluskan target itu, kantor setempat berupaya meningkatkan kualitas layanan. Mahasiswa yang datang juga didampingi ketika membutuhkan katalog atau literatur yang dicari. Selain itu, mereka diarahkan untuk mendaftar sebagai anggota perpustakaan.

“Memang harus setengah kita paksakan anak-anak mahasiswa dan pelajar supaya ada aktivitas membaca. Apalagi mereka itu suka demo-demo, bisa dialihkan aktivitas mereka supaya tidak memikirkan hal lain. Lebih akademis, seharusnya itu lebih dari dulu. Selama ini kita menunggu dosenya lebih aktif,” ujar Ratnawati.

Selain menambah koleksi bacaan, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima juga berupaya menciptakan kondisi nyaman bagi pengunjung. Ke depan, lokasi kantor lebih representatif memiliki taman baca, arena bermain bagi pengunjung dari taman kanak-kanan dan siswa sekolah dasar.

“Kami itu berupaya saja supaya kondisi kantor layanan semakin bagus, menata semaksimal mungkin supaya perpustakaan ini nyaman. Pengunjung, pelajar dan mahasiswa itu senang. Memang rencannya kalau punya kantor yang bagus, harapan kita kantor itu luas, tempat parkir bagus, agar aktivitas di halaman juga ada,” katanya.

Sebelumnya sesuai rencana Kantor Arsip dan Perpusatakaan Kota Bima akan dipecah menjadi dua SKPD tipe A baru yaitu Dinas Arsip dan Dinas Perpustakaan. Namun rencana itu gagal menyusul sejumlah pertimbangan Pemerintah Daerah. (US/*)

No comments